Ini 5 Alasan Umum Mengapa Banyak Orang Takut Pada Hantu

 Ini 5 Alasan Umum Mengapa Banyak Orang Takut Pada Hantu

Naviri Magazine - Siapa yang takut pada hantu? Jawabannya pasti banyak, karena nyatanya kebanyakan kita memang takut pada hantu. Jangankan melihat hantu secara langsung, bahkan melihat hantu di film saja sudah mampu membuat banyak orang ketakutan.

Pertanyaannya, kenapa banyak orang yang takut pada hantu? Berikut ini adalah lima alasan umum yang melatarinya.

Takut mati

Ada anggapan bahwa apabila seseorang melihat orang mati atau hantu, maka hal tersebut adalah pertanda bahwa dia akan meninggal dunia dalam waktu dekat.

Bahkan di beberapa negara ada mitos bahwa ketika seseorang melihat penampakan hantu, maka umurnya di dunia sudah terpangkas.

Takut kesurupan

Fenomena orang kesurupan memang sering terjadi, tidak hanya di Indonesia, namun juga di banyak negara. Ketakutan orang akan hantu juga salah satunya disebabkan hal ini.

Seseorang takut dengan hantu karena 'sesuatu' ini dapat memasuki raganya, dan melakukan sesuatu hal yang tidak dia sadari dan inginkan. Dalam arti, tubuhnya tidak lagi dalam kontrolnya.

Takut rupa hantu

Walaupun belum pernah melihat ataupun bertemu dengan hantu secara langsung, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa mereka takut hantu karena dalam imajinasi mereka, wajah dan performa dari 'sesuatu' tersebut sangat jelek dan menakutkan.

Doktrin

Doktrin merupakan salah satu hal kuat yang menjadikan seseorang takut hantu. Doktrin dalam hal ini seperti ketika kita masih kecil sering ditakut-takuti bahwa hantu punya wajah jelek, menakutkan, berbahaya, dan lain-lain.

Selain itu, penanaman kesan hantu juga semakin kuat dengan banyaknya cerita serta film atau segala sesuatu yang berasal dari media, tentang sosok yang disebut hantu.

Sugesti

Secara psikologis, manusia memiliki sisi ketakutan pada sesuatu yang gelap dan tidak diketahui sebelumnya. Ditambah bombardir cerita atau pemberitaan dan film tentang hantu, rasa takut tersebut semakin besar.

Contohnya, ketika ada suara aneh di malam hari, secara otomatis orang-orang yang mempercayai dan takut hantu akan menghubungkan suara tersebut sebagai bunyi yang muncul karena gangguan 'sesuatu'.

Related

Science 1745765623432118671

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item