Apakah Berbahaya jika Tanpa Sengaja Menelan Semut atau Serangga?

Apakah Berbahaya jika Tanpa Sengaja Menelan Semut atau Serangga?

Naviri Magazine - Kita mungkin pernah secara tidak sengaja memakan dan menelan semut, nyamuk, atau serangga kecil lain saat makan. Memang, hal itu tidak membahayakan. Tapi dalam kondisi tertentu, menelan semut atau serangga kecil lainnya bisa berbahaya. Seberapa berbahaya jika serangga tertelan?

Bahaya menelan serangga

Yang namanya serangga kecil, apalagi yang sudah berada di dalam makanan, pasti tidak kita sadari jika tidak terlihat betul. Saat dikunyah dan merasa aneh, barulah kita sadar sudah makan benda lain selain makanan.

Tapi normalnya, kita hanya akan menemukan semut, nyamuk, ngengat, atau lalat dalam makanan. Tidak jarang binatang itu juga tertelan oleh kita.

Bobbi Pritt, M.D., seorang ahli mikrobiologi, patologi, dan direktur Laboratorium Parasitologi Klinik di Mayo Clinic di Rochester, New York, Amerika Serikat, sempat menjelaskan bahaya menelan serangga.

Menurutnya, sebagian besar kasus menelan serangga tidak berbahaya. Secara umum, tubuh akan mencerna anthropoda yang meliputi laba-laba, tungau, dan kutu, serta serangga seperti lalat dan nyamuk, sama seperti makanan lain.

Di dalam pencernaan, tubuh akan memilah mana yang diperlukan tubuh dan mana yang tidak. Yang berbahaya adalah ketika kita menelan sesuatu yang bisa menggigit atau menyengat.

Related

Science 7727953965668411548

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item