Bahan-bahan Alami yang Bermanfaat untuk Meredakan Sakit Gigi dan Gusi

Bahan-bahan Alami yang Bermanfaat untuk Meredakan Sakit Gigi dan Gusi

Naviri Magazine - Hampir semua bahan yang ada di dapur dapat digunakan untuk mengobati gusi yang bengkak. Cara-cara di bawah ini dapat membantu menyelesaikan masalah gusi dalam waktu yang singkat.

Bawang putih

Bawang putih merupakan zat pembunuh bakteri yang alami. Jus bawang putih alami membantu mengobati infeksi. Kalau mengalami sakit gigi yang parah, cobalah untuk melakukan ini.

Siapkan satu siung bawang putih mentah. Hancurkan dan remas untuk mengambil sari-sarinya. Lalu oleskan sari bawang putih tersebut ke area yang terinfeksi. Pengobatan rumahan ini sangat berkhasiat dalam mengobati sakit gigi.

Minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga dapat membunuh bakteri dan mengobati infeksi pada sakit gigi dan penyakit gusi. Ambil sedikit minyak cengkeh, lalu perlahan sikat bagian yang terinfeksi dengan minyak cengkah.

Kamu harus lebih hati-hati saat melakukannya. Jangan terlalu menekan, atau kamu akan merasa lebih sakit lagi. Oleskan sedikit minyak cengkeh, dan pijat dengan lembut pada gusimu.

Minyak kelapa

Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengobati gusi. Ambil 1 sendok makan minyak kelapa, dan masukkan ke dalam mulutmu. Jangan ditelan, lumuri saja selama sekitar 30 menit. Lalu ludahkan, dan cuci mulutmu. Kamu akan merasa lebih lega.

Garam

Garam juga obat yang baik untuk meringankan rasa sakit. Kamu hanya perlu mencampur sedikit garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumurlah menggunakan air tersebut.

Waktu kamu baru pertama kali melakukannya, kamu akan merasa sakit, tapi kemudian kamu akan merasa sakitnya mereda. Lakukan beberapa kali, dan rasa sakimu akan jauh berkurang.

Kantong teh

Kantong teh merupakan pengobatan rumahan alami lainnya. Letakkan kantong teh herbal pada area yang terinfeksi. Cara ini akan langsung mengurangi rasa sakitmu yang disebabkan oleh gusi bengkak.

Minyak oregano

Minyak oregano telah terbukti sebagai antibakteri, antijamur, antioksidan, dan antivirus. Minyak oregano merupakan pengobatan rumahan yang sangat efektif dalam mengobati penyakit gigi dan gusi.

Antibiotik

Obat lain yang dapat dipilih untuk mengobati gusi bengkak adalah antibiotik. Ibuprofen meringakan rasa sakit, dan membantu menghilangkan bengkak. Paracetamol juga efektif untuk meringankan rasa sakit. Amoxicilin merupakan antibiotik yang paling direkomendasikan oleh para dokter.

Catatan:
  • Jangan gunakan air panas atau cairan panas dan batu es, karena hanya akan membuat rasa sakit semakin parah
  • Jagalah kesehatan mulutmu
  • Habiskan lebih banyak waktu untuk membersihkan gusimu.
  • Gosok gigimu dua kali sehari
  • Gunakan bebang gigi dua kali sehari
  • Jangan terlalu banyak mengunyah permen karet
  • Gunakan obat kumur untuk mengurangi infeksi
  • Berhentilah merokok
  • Jagalah pola hidup sehat
  • Batasi konsumsi gula
  • Belilah sikat gigi yang sesuai dengan gusimu
  • Sikat gigimu dengan lembut, jangan sikat terlalu keras, karena gusimu bisa berdarah

Related

Tips 5844553935980592955

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item