Inilah Danau Terdalam dan Berusia Paling Tua di Dunia

Inilah Danau Terdalam dan Berusia Paling Tua di Dunia

Naviri Magazine - Danau terdalam di dunia adalah danau Baikal, yang terletak di Rusia. Danau ini terkenal dengan sebutan “The Blue Eye of Siberia”. Meski tidak seluas danau lain di Rusia, namun danau Baikal menampung satu dari lima jumlah keseluruhan air tawar yang ada di dunia, hingga volume airnya sangat banyak.

Bahkan jika semua sungai yang ada di dunia mengalirkan air dari danau Baikal bersamaan, dibutuhkan waktu satu tahun penuh untuk mengosongkannya.

Karena jumlahnya yang luar biasa, air yang ada di danau Baikal juga dapat menjadi cadangan air minum bagi seluruh populasi di bumi selama 50 tahun. Jumlah air yang banyak di danau Baikal merupakan hasil dari kedalamannya sebagai danau terdalam di bumi.

Dasar danau tersebut memiliki kedalaman sampai 1,6 kilometer di beberapa titik. Selain itu, danau Baikal juga merupakan danau tertua di dunia.

Selain menjadi danau terdalam, danau Baikal juga disebut sebagai danau terjernih di Bumi.

Danau ini terletak di daerah retakan di antara dua lempengan Bumi yang saling menarik 2,5 sentimeter setiap tahun. Kedalamannya sekitar 39,7 meter atau lebih. Pada musim panas, es yang terletak di pegunungan Siberia mencair dan mengisi danau tersebut.

Related

World's Fact 7925828972031970614

Recent

item