Dipenjara 25 Tahun Tanpa Kesalahan, Pria Ini Dapat Ganti Rugi Rp 83 Miliar

Dipenjara 25 Tahun Tanpa Kesalahan, Pria Ini Dapat Ganti Rugi Rp 83 Miliar

Naviri Magazine - Pemerintah kota New York, AS, sepakat untuk membayarkan kompensasi sebesar 6,25 juta dolar AS atau sekitar Rp 83 miliar kepada seorang pria yang menjalani hukuman penjara 25 tahun, untuk kejahatan yang tak pernah dilakukannya.

Jonathan Fleming (53), nama pria itu, dibebaskan dari penjara setelah jaksa wilayah Brooklyn, New York, membatalkan dakwaan yang menjerat pria itu.

Fleming dinyatakan bersalah telah menembak mati seorang pengedar narkoba pada Agustus 1989. Padahal, di saat pembunuhan terjadi, Fleming berada bersama keluarganya di Orlando, Florida.

"Fleming menghabiskan separuh masa hidupnya di dalam penjara, meski tak bersalah. Meski saat itu bukti menunjukkan dia tak mungkin melakukan pembunuhan," kata seorang pejabat kota New York, Scott Stringer.

Fleming memiliki kuitansi pembayaran hotel tertanggal 14 Agustus 1989 pada pukul 21.27, empat jam sebelum Darryl Rush dibunuh di Brooklyn, 1.600 kilometer dari Orlando, tempat Fleming dan keluarganya berada saat itu.

"Kami tak bisa mengembalikan waktu-waktu yang hilang saat Fleming berada di balik jeruji. Namun, pemerintah kota New York bisa menawarkan kompensasi atas ketidakdilan itu untuk Fleming," lanjut Stringer.

Fleming menerima tawaran pemerintah New York itu, dan langsung menengok ibunya yang sakit keras di rumah sakit, usai menandatangani perjanjian kompensasi itu. Demikian kata kuasa hukum Flemin, Paul Callan dan Martin Edelman.

"Pemberian kompensasi ini memungkinan Jonathan dan keluarganya membangun kehidupan baru tanpa kekhawatiran, dan prospek litigasi berbiaya besar di masa depan," ujar kedua pengacara itu, dalam sebuah pernyataan resmi.

Kasus salah vonis yang menimpa Fleming hanya satu dari puluhan kasus yang kini tengah diperiksa ulang sebuah tim khusus di Brooklyn, yang dipimpin seorang profesor hukum dari Universitas Harvard.

Related

World's Fact 8049216717749701375

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item