Ini 11 Superhero Hebat yang Bukan Produksi Marvel atau DC

 Ini 11 Superhero Hebat yang Bukan Produksi Marvel atau DC

Naviri Magazine - Ada banyak tokoh superhero yang kita kenal, lewat komik maupun film, dan sebagian besar tokoh superhero itu didominasi oleh Marvel dan DC. Marvel menghasilkan superhero semacam Iron Man dan Spider-Man, sementara DC mengenalkan superhero macam Batman atau Superman.

Kenyataannya, DC dan Marvel memang dua perusahaan yang menghasilkan banyak tokoh superhero terkenal. Namun bukan berarti tidak ada superhero lain di luar perusahaan mereka. Berikut ini adalah 11 tokoh superhero hebat yang bukan produksi Marvel maupun DC.

Spawn

Sebagian besar dari kita pasti tahu dengan sosok superhero ini. Pada 1997, Spawn sempat diangkat ke layar lebar, tapi sebenarnya Spawn pertama kali muncul dalam cerita di buku komik yang diterbitkan oleh Image Comics, dan pernah menjadi karakter paling sukses dari penerbit tersebut.

Meskipun Spawn didominasi oleh warna gelap, banyak penggemar komik menempatkannya sebagai tokoh komik terbaik sepanjang masa. Keberhasilan Spawn bukan karena desain cover dan filmnya yang terlihat ‘mewah’, tapi karena kepiawaian pengarangnya, Todd McFarlane, yang mampu menciptakan karakter superhero seunik Spawn.

Hellboy 

Ron Perlman tampil memukau saat memerankan sosok Hellboy dalam film, yang dirilis Legendary Pictures pada 2004 dan 2009. Tapi jauh sebelum itu, tokoh Hellboy yang diciptakan oleh Mike Mignola, diterbitkan pertama kali oleh penerbit komik ‘Dark Horse’, dan menjadi salah satu karakter paling sukses di sana.

Meskipun Hellboy pernah berkolaborasi (crossover) dengan tokoh superhero lainnya, seperti Batman, tapi hak ciptanya tetap dipegang oleh Dark Horse.

Aksi Hellboy dalam memberantas kejahatan yang melibatkan dunia supranatural, sangat menarik untuk diikuti. Hellboy sebenarnya diutus ke Bumi sebagai pelaksana terjadinya kiamat di dunia – sebagai seorang putra iblis. Namun, alih-alih mengikuti takdirnya sebagai putra iblis, ia malah melawan penjahat dari ‘alam gaib’, untuk melindungi teman dan keluarganya di Bumi. 

The Incredibles 

The Incredibles menceritakan sebuah keluarga yang seluruhnya mempunyai kekuatan super. Semua hal yang ingin kita lihat dalam tokoh superhero karya Marvel dan DC, dihadirkan lewat kisah ini. Hal itu karena Pixar dan Brad Bird mampu menangkap semua hal paling menarik dari kisah superhero, dan menghadirkannya dalam animasi yang sangat menghibur.

Di film The Incredibles, seluruh anggota keluarga memiliki ikatan yang kuat satu sama lain (meskipun kekuatan mereka agak mirip dengan kekuatan jagoan di Fantastic Four).

Teenage Mutant Ninja Turtles (TMNT)

Yang lahir di era 80 dan 90-an pasti kenal dengan karakter TMNT, yang di zaman TVRI  dulu dikenal dengan sebutan ‘Kura-Kura Ninja’. Para pahlawan TMNT itu muncul pertama kali dalam buku komik.

Meskipun begitu, asal usul TMNT dari dulu hingga sekarang tetap sama – Kura-kura Ninja yang lahir akibat terkena cairan limbah beracun, yang kemudian mengubah mereka menjadi seperti manusia, ahli dalam bela diri, dan juga penyuka makanan khas Italia, Pizza.

Dalam komik aslinya digambarkan, Kura-Kura Ninja merupakan sosok yang agak kejam dan senang berbuat onar. Seperti tokoh Raphael yang sempat digambarkan sebagai karakter keras kepala, dan hampir membunuh saudara kura-kuranya yang lain.

Komik pertama mereka, yang diterbitkan oleh Mirage Comics, juga menggambarkan perangai kura-kura ninja yang sangat emosional dan selalu merasa takut.

Darkman 

Jauh sebelum menyutradarai film Spider-Man (2001–2007), Sam Raimi pernah menciptakan tokoh superhero bernama Darkman (1990). Karakter yang pernah dibuat film live-action ini menceritakan seorang ilmuwan bernama Dr. Peyton Westlake (diperankan oleh Liam Neeson) yang disiksa dan dibiarkan sekarat oleh para mafia.

Beruntung, Westlake berhasil bertahan hidup dan pulih dari luka-lukanya. Ia kemudian menuntut balas kepada kelompok mafia yang berusaha membunuhnya. Meskipun tidak mempunyai kekuatan super, Westlake mampu membuat wajah buatan (Prostetik) yang mampu mengecoh musuh-musuhnya, sehingga ia gampang menghabisi mereka satu per satu dengan cara menyamar.

Avatar Korra

Avatar: The Last Airbender merupakan serial paling diminati, baik animasi TV maupun buku komiknya. Avatar menceritakan tentang seseorang yang mampu mengendalikan keempat unsur/elemen yang ada di Bumi. Sama halnya dengan kisah pendahulunya, Aang, Korra juga merupakan potret Superhero tapi dalam wujud Avatar wanita.

Berbeda dengan pendahulunya yang sebisa mungkin tidak mengeluarkan kekuatan dan belum sepenuhnya menguasai keempat elemen saat pertama kali berpetualang bersama teman-temannya, Korra sudah menguasai semua elemen, dan menjadi Avatar sebelum ia berusia 20 tahun.

Shadowman

Jack Boniface adalah jagoan dari Valian Comic Universe. Jack merupakan orang yang dirasuki oleh roh, yang kemudian memerintahkannya memburu semua penyihir di muka bumi. Ketika malam tiba, roh tersebut merasuki Jack dan menggunakan tubuhnya untuk beraksi.

Jack memperoleh kekuatan tersebut dari jimat milik ayahnya, yang juga merupakan seorang Shadowman. Batu jimat itulah yang melindungi Jack dari gangguan roh jahat, dan saat ia berubah menjadi Shadowman.

Jack mempunyai kekuatan super dan keberanian. Kekuatan ini juga membuat Jack mampu menghadapi serangan roh jahat, dan memungkinkannya bepergian ke alam lain yang berbeda.

The Darkness

Jackie Estacado adalah manusia pemilik kekuatan abadi bernama The Darkness. Anti-hero ini diciptakan oleh mantan karyawan Marvel dan DC, bernama Marc Silvestri, Garth Ennis, dan Dave Wohl, untuk Top Cow Production.

The Darkness mendapat kekuatannya dari sang ayah, yang diwariskan secara turun temurun. Kekuatan The Darkness belum muncul sebelum Jackie berusia 21 tahun, yang kemudian mengubah wujudnya menjadi lebih ‘gelap’.

Jackie sebenarnya seorang petarung jalanan, sekaligus bekerja sebagai pembunuh bayaran dari sebuah organisasi mafia milik keluarganya. Saat pertama kali mendapat kekuatannya, Jack menggunakannya untuk menguasai seluruh jaringan organisasi mafia yang ada.

X  

X diterbitkan pertama kali oleh Dark Horse comics, merupakan orang yang selalu memberikan satu kali kesempatan kepada para penjahat untuk bertobat. X akan memberi tanda kepada para penjahat berupa satu goresan, selanjutnya ia akan kembali lagi menemui sang penjahat dan memberikan satu tanda goresan lagi, hingga membentuk tanda X. Dan ketika tanda X sudah dibuat, ia akan membunuh si penjahat.

Meski dalam aksinya X selalu melukai penjahat dengan sangat brutal, namun ia merupakan pahlawan tangguh, khususnya dalam melawan segala bentuk tindak korupsi. X tidak hanya memburu para pembunuh bayaran dan para mafia, ia bahkan memburu para petinggi kepolisian yang diduga korupsi.

Midnighter

Sebelumnya, beberapa dari kita mengenal Midnighter dari komik keluaran DC bertajuk The New 52. Namun kali ini kita akan membahas Midnighter saat ia diterbitkan oleh Valiant.

Midnighter merupakan tokoh yang juga tergabung dalam kelompok Stormwatch, dan salah satu karakter paling menguntungkan milik penerbit Valiant. Midnighter dan “suaminya”, Apollo, menjadi salah satu superhero pertama yang merupakan gay, dan menjadikannya salah satu karakter penting dalam sejarah komik dunia.

Invincible

Invincible diciptakan oleh pengarang kisah ‘Walking Dead’, Robert Kirkman. Invincible hampir mirip Spider-Man, tapi dengan kekuatan layaknya Superman.

Dengan nama asli Mark Grayson, Invincible memulai debutnya sebagai seorang pelajar SMA yang kemudian berubah menjadi superhero. Ayahnya, Omni-Man, melatih Mark untuk memperoleh kekuatannya, tapi cerita jadi rumit kala Mark tahu kalau ia ditakdirkan untuk menguasai bumi.

Mark tidak setuju takdir yang telah digariskan bagi dirinya, ia bahkan mencegah sang ayah yang mencoba membangkitkan kekuatannya. Meski Omni-Man hampir membunuh Mark, namun Invincible tetap menjadi pahlawan bagi penduduk Bumi.

Related

Entertaintment 1455786509911320462

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item