Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Kebendaharaan Negara di STAN?

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Kebendaharaan Negara di STAN?

Naviri Magazine - Kata “bendahara” artinya kurang lebih adalah orang yang mengurus masalah keuangan. Dalam lingkup yang lebih luas, dalam hal ini negara, bendahara negara mempunyai tugas mengurus keuangan negara.

Kira-kira itulah yang dipelajari dari jurusan Kebendaharaan. Tentunya negara Indonesia perlu orang-orang yang memahami seluk beluk keuangan negara, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta pelaporan penggunaan uang negara.

Dalam hal perencanaan, yang dipelajari misalnya Sistem Perencanaan Anggaran, Penyusunan APBN, bagaimana kementerian-kementerian negara/lembaga mengajukan anggaran, serta bagaimana mekanismenya menjadi sebuah APBN.

Dalam hal pelaksanaan, dalam hal implementasi APBN yang telah dilaksanakan, hal ini mempelajari tentang Pelaksanaan APBN di sektor belanja, pendapatan maupun pembiayaan, Pengelolaan Kas, Pengelolaan Investasi, Pengelolaan Utang, dan lain-lain.

Dalam hal pelaporan (pelaksanaan APBN), materi yang dipelajari antara lain akuntansi umum dan akuntansi pemerintah. Sementara itu, materi yang dipelajari di jurusan Kebendaharaan Negara sesuai dengan tugas dan fungsi Ditjen Anggaran, Ditjen Perbendaharaan, serta Ditjen Pengelolaan Utang.

Related

Education 4245418114220025768

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item