Sekarang, Kulkas Sampai Makanan Kucing Punya Sertifikat Halal

  Sekarang, Kulkas Sampai Makanan Kucing Punya Sertifikat Halal

Naviri Magazine - Sertifikat halal dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia untuk sejumlah barang, termasuk kulkas, makanan kucing, panci, rantang, wajan, dan tisu toilet, dan banyak dipertanyakan warganet.

Sertifikat Halal MUI adalah fatwa tertulis yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syariat Islam. Tak hanya untuk produk pangan, obat-obatan dan kosmetika, ternyata sertifikat halal juga diberikan untuk barang-barang lainnya.

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), melalui situsnya, menjelaskan bahwa ada beberapa komponen yang dibuat dari campuran bahan yang menggunakan turunan asam lemak. Kalau dari bahan hewani, harus dipastikan bahwa bahan itu bukan dari turunan babi yang jelas-jelas diharamkan dalam Islam.

"Ketentuan halal dalam kaidah syariah tidak terbatas pada aspek konsumsi, namun mencakup aspek yang sangat luas, yaitu menggunakan ataupun memakai," kata Ketua Komisi Fatwa MUI, Hasanuddin AF, melalui website tersebut. Sebagai tempat menyimpan makanan, kulkas harus diyakini kesuciannya.

Hal ini disepakati oleh Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Tulus Abadi.

"Kulkas adalah wadah makanan atau minuman. Bagaimana kalau medianya tidak halal?" kata Tulus. Menurutnya, justru semua wadah makanan perlu sertifikasi halal, karena hal itu sudah diatur di Undang-undang mengenai jaminan produk halal.

Warganet menganggap, cara perusahaan untuk mendapatkan sertifikat halal adalah taktik pemasaran, mengingat Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Dalam websitenya, LPPOM MUI memang menjelaskan bahwa dengan sertifikat halal, perusahaan dianggap punya keunggulan dalam menghadapi persaingan pasar.

Sertifikat halal untuk penggorengan, tisu toilet dan makanan kucing

Melalui bagian "Pencarian Produk Halal" di situs MUI, kita dapat memeriksa produk apa saja yang sudah punya sertifikat halal. Memang tidak ada kulkas lain yang telah terdaftar, namun ternyata ada produk alat masak lain yang juga mendapatkan sertifikat halal.

PT Maspion telah mendapatkan sertifikat halal untuk aneka produk dapur, seperti penggorengan, panci, mangkok enamel, dan rantang.

Sebelumnya, jilbab merk Zoya sempat menjadi perdebatan, setelah mereka mengklaim sebagai perusahaan busana pertama yang mendapatkan sertifikasi halal.

PT Shafco Multi Trading, pemegang merk Zoya, mendapatkan sertifikat halal untuk busana pria dan wanita, dari anak-anak, remaja dan dewasa, atasan, bawahan, luaran, gaun, dan perlengkapan busana seperti mukena, ciput, kaos kaki, bandana, manset, seledang, kerudung dan sajadah.

Sertifikat halal juga diberikan untuk barang-barang lain, seperti kapas, popok, pembalut, detergen, pewangi pakaian, dan tisu toilet.

Tak cuma produk untuk manusia, makanan kucing juga masuk dalam daftar produk halal. Powercat Fresh Ocean Tuna mendapatkan sertifikat halal, yang berlaku hingga 27 Maret 2020.

Related

News 6401824571478044240

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item