Mengapa Istri Sering Ikut Terseret Dalam Kasus Korupsi Suaminya?

Mengapa Istri Sering Ikut Terseret Dalam Kasus Korupsi Suaminya?

Naviri Magazine - Psikolog sosial dari Universitas Gadjah Mada, Faturochman, mengatakan ada konstruksi budaya di Indonesia yang menyebabkan istri dan keluarga biasanya ikut tersandung bila seorang pejabat terbukti melakukan korupsi. Pertama, kata dia, adalah nilai kekeluargaan atau kekerabatan yang sangat lekat dalam budaya timur.

"Keluarga adalah bagian penting dari seorang individu, sehingga sekali pun keluarga salah akan tetap dibela," kata Faturochman.

Selain itu, seorang pejabat pada umumnya terdorong korupsi untuk mengamankan keluarga, baik istri maupun anak. Secara sadar atau tidak, kata Faturochman, korupsi dilakukan untuk menjaga status sosial dan ekonomi keluarga. "Suami begitu cinta istri sehingga semua permintaan akan dipenuhi."

Aliran dana korupsi pun, lanjut dia, banyak yang masuk ke rekening para istri pejabat karena dalam pernikahan; suami pasti menitipkan uang ke istri. Pasangan yang telanjur dimanjakan oleh kenikmatan materil, kata Faturochman, bisa saja merancang kultur bersama untuk membela dan melanjutkan perbuatan korupsi demi meningkatkan kemakmuran.

Psikolog politik dari Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, juga mengatakan berbagai modus dilakukan pejabat untuk menyembunyikan dana korupsi. "Istri menjadi tempat menaruh duit. lalu istri yang akan melakukan pencucian uang," kata Hamdi.

Istri-istri koruptor, kata Hamdi, biasanya memanfaatkan bisnis pribadi sebagai kedok menyimpan uang. Bahkan, ada pejabat yang sengaja mengambil istri muda untuk menyimpan duit hasil korupsinya.

Hamdi mengatakan, korupsi biasanya memang bukan kejahatan tunggal. Banyak pihak yang ikut berkongkalikong untuk menilap duit negara, termasuk kerja sama antara suami dan istri.

Related

World's Fact 6524761867937080518

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item