Mengenal dan Memahami Penyakit Asam Urat, Serta Penyebabnya

Mengenal dan Memahami Penyakit Asam Urat, Serta Penyebabnya

Naviri Magazine - Asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat di dalam darah, yang kemudian menumpuk dan tertimbun dalam bentuk kristal-kristal yang terdapat pada persendian.

Ginjal yang sehat adalah ginjal yamg mampu mengeluarkan zat-zat hasil metabolisme yang tidak terpakai lagi di dalam darah, termasuk zar asam urat yang terdapat dalam urine. Apabila ginjal tidak mampu mengeluarkan zat tersebut, maka ada kemungkinan ginjal mengalami masalah dan bisa dikatakan kurang sehat.

Karena itu, kita harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin, agar kondisi ginjal normal kembali, dan bisa berfungsi mengeluarkan zat asam urat yang ada bersama urine.

Orang yang menderita asam urat sebaiknya tidak lupa untuk melakukan perawatan yang intensif terhadap ginjalnya. Melakukan usaha untuk menyehatkan ginjal harus dilakukan secara bersamaan dengan menurunkan asam urat.

Penyakit asam urat hampir sama dengan rematik, tetapi penyebab rematik beda dengan penyebab asam urat. Asam urat yang kurang mendapat perhatian akan menyebabkan penderita semakin parah, bahkan bisa terjadi penyakit ginjal, akibat penumpukan kristal-kristal asam urat yang parah dalam ginjal.

Penyakit asam urat adalah akibat dari zat purin yang berlebihan. Purin diolah di dalam tubuh menjadi asam urat, tetapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat tersebut sehingga menyebabkan kristal yang terdapat di dalam tubuh jadi menumpuk di persendian, sehingga sendi jadi nyeri, bengkak, dan meradang, kemudian menjadi penyakit asam urat.

Memperbaiki pola makan dan menerapkan pola hidup sehat sangat mempengaruhi menyembuhan asam urat.

Related

Health 5507899600503839067

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item