Panduan Sehat Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Panduan Sehat Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Naviri Magazine - Insomnia atau susah tidur adalah gejala kelainan dalam tidur, berupa kesulitan berulang untuk tidur dan mempertahankan tidur, walupun ada kesempatan. Keluhan umum penderita insomnia adalah tidak dapat memejamkan mata atau mengistirahatkan pikiran, walaupun hanya sejenak.

Berikut ini adalah cara mengatasi susah tidur atau insomnia.

Hindari cahaya 

Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi hormon melation. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya.

Hindari melihat jam 

Bila Anda terus-terusan melirik ke arah jam, Anda akan tersiksa. Bisa jadi, Anda terus menerus khawatir dengan sisa waktu tidur, sebelum hari sibuk Anda dimulai. Karenanya, Anda bisa menempatkan jam di laci, di bawah tempat tdur, atau letakkan di tempat yang tak terlihat mata Anda.

Hindari kafein 

Kopi di pagi hari bagus untuk sebagian orang. Namun, saat menjelang waktu tidur, Anda perlu menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga dalam mengonsumsi cokelat, kola, teh, atau kopi tanpa kafein sekalipun.

Atur jadwal tidur

Aturlah jadwal tidur dengan baik, dan bangun tidur pada waktu sama setiap hari, termasuk pada akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak Anda tetap pada siklus bangun dan tidur yang sehat. Pada waktunya, Anda akan dapat tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.

Olahraga 

Usahakan untuk olahraga dengan teratur. Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama Anda melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur.

Energi yang Anda dapatkan setelah olahraga dapat memebuat Anda tetap terjaga. Beri jarak antara Anda selesai berolahraga dengan waktu tidur antara 3-4 jam.

Menetralisir suara

Tetesan keran, anjing menggonggong, suara kendaraan, bisa mengganggu tidur Anda. Karenanya, ada baiknya untuk memastikan semua keran dalam kondisi tertutup rapat, dan kamar tidur Anda tertutup, sehingga suara dari luar bisa teredam.

Hindari rokok

Nikotin juga merupakan stimulan, sama halnya dengan kafein. Nikotin akan membuat Anda semakin terjaga, dan dapat membuat susah tidur atau insomnia. Karenanya, hindari rokok menjelang waktu tidur.

Jauhkan binatang peliharaan 

Gerakan anjing dan kucing peliharaan Anda akan menceggah Anda mendapat tidur nyenyak, seperti yang diinginkan. Mereka juga dapat membawa kutu, debu, bulu, dan pemicu alergi lainnya, ke tempat tidur Anda.

Relaksasi

Redakan emosi dan pikiran Anda, sekitar satu jam sebelum tidur. Bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, atau mandi air hangat, untuk menenangkan pikiran Anda.

Gunakan bantal untuk meringankan nyeri punggung

Nyeri punggung ringan mungkin tidak akan membangunkan tidur, tetapi bisa menganggu tidur nyenyak Anda. Solusi yang mudah adalah dengan meletakkan bantal kecil di antara kedua kaki Anda saat tidur menyamping. Gunanya untuk menyejajarkan pinggul, dan mengurangi nyeri di bagian punggung.

Tempatkan leher di posisi netral

Jika Anda bangun tidur dengan leher kaku, salahkan bantal Anda. Terkadang, Anda menggunakan bantal yang terlalu tebal atau terlalu tipis. Bantal Anda harus berukuran tepat untuk mendukung leher Anda dalam posisi netral. Jika tidur menyamping, hidung Anda harus sejajar dengan pusat tubuh Anda.

Bersihkan tempat tidur secara teratur

Alergi kemungkinan besar juga bisa mnyebabkan bersin-bersin, pilek, atupun gatal-gatal, yang dapat menyebabkan tidur Anda terganggu, dan hal itu mungkin dikarenakan tempat tidur dipenuhi debu, kutu, dan segala macam penyebab alergi lainya. Bersihkanlah tempat tidur Anda secara teratur.

Related

Tips 6919485445117321234

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item