Ini Berbagai Penyebab Susah Tidur yang Mungkin Tidak Kita Duga

Ini Berbagai Penyebab Susah Tidur yang Mungkin Tidak Kita Duga

Naviri Magazine - Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur atau tetap tidur. Insomnia juga digunakan untuk menggambarkan kondisi bangun tapi tidak merasa segar. Insomnia mengacu pada ketidakmampuan untuk mendapatkan jumlah tidur sebagai kebutuhan individu, untuk memberikan perasaan beristirahat.

Penyebab insomnia

Stres disebut sebagai penyebab utama orang sulit tidur. Tetapi sebenarnya ada hal-hal yang tampaknya sepele, yang bisa membuat kita terjaga hingga larut malam, dan sulit memejamkan mata. Berikut ini di antaranya.

Tidur telat di akhir pekan

Akhir pekan sering kita manfaatkan untuk “balas dendam” dengan bangun siang atau tidur terlalu malam. Kebiasaan tersebut dapat mengacaukan ritme biologis, sehingga menyebabkan tubuh seperti melampaui zona waktu.

Bulan purnama

Siklus bulan ternyata ikut berpengaruh pada pola tidur. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa saat bulan purnama seseorang tidur lebih sebentar dan kurang nyenyak di banding biasanya.

Suhu terlalu dingin atau panas

Suhu ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa membuat kita sulit tidur. Usahakan untuk mendapat udara segar, agar tidur lebih nyenyak.

Terlalu tenang

Memang tak mungkin kita tidur dalam suasana bising. Tetapi, ruangan yang terlalu tenang ternyata juga dapat membuat suara sekecil apa pun akan mengganggu di saat kita tidur lelap.

Takut gelap

Walau Anda tak mau mengakuinya, tetapi sebenarnya cukup banyak orang yang takut gelap. Orang yang sering mengalami susah tidur merasakan lebih cemas dan terganggu suara-suara dari lingkungan, ketika lampu kamar dimatikan. Hal tersebut tak terjadi pada mereka yang pola tidurnya bagus.

Makan daging saat makan malam

Buka cuma kafein yang bisa membuat mata sulit terpejam. Mengonsumsi makanan berlemak, pedas, dan juga berprotein tinggi, ternyata bisa menghilangkan kantuk di malam hari. Pasalnya, makanan sumber protein akan membuat tubuh mengeluarkan energi lebih besar untuk mencernanya.

Terlalu lelah

Ada perbedaan besar antara kelelahan dan mengantuk. Dalam kondisi lelah, tubuh sebenarnya masih dalam kewaspadaan tinggi, baik itu stres fisik atau mental. Karena itulah, terlalu cepat naik ke tempat tidur bukan ide yang baik. Lebih baik tenangkan diri dulu dengan kegiatan yang membuat rileks.

Soal warna 

Menurut sejumlah ahli, warna mempengaruhi psikologi orang. Dan jika seseorang berada di dalam ruangan dengan warna yang tidak sesuai dengan seleranya, hal ini bisa memengaruhi pola tidur seseorang.

Jika bingung memilih warna, hasil riset menyebutkan bahwa warna biru atau hijau muda bisa memberikan efek relaksasi, tenang, menyenangkan, damai, dan penuh harapan. Warna kalem seperti krem, merah muda, juga bisa menenangkan saat menjelang tidur.

Kasur tak sesuai

Bisa jadi, sulit tidur karena masalah kasur, misal setelah membeli kasur baru. Karena itu, saat membeli kasur mesti dirasakan kira-kira keempukannya cocok atau tidak. Orang yang bobot tubuhnya berat tentu memerlukan kasur yang lebih tebal.

Cahaya

Gunakan cahaya redup agar tidur bisa nyenyak. Bahkan, jika diperlukan, matikan lampu agar kamar jadi gelap. Pastikan bahwa kita memiliki gorden atau tirai pada jendela, karena bisa saja siraman cahaya lampu kendaraan atau cahaya bulan bisa membangunkan kita.

Jam

Karena merasa harus selalu tepat waktu, kita sampai memasang jam dinding di dalam kamar. Dengan ukuran yang besar, keberadaan jam bisa mengganggu tidur. Misalnya, karena jam terbuat dari bahan yang berkilau, bisa saja cahaya pantulan yang menimpa jam itu mengarah ke kita, sehingga mengganggu tidur.

Alat elektronik

Begitu sibuknya, sampai kita menjadikan kamar tidur sekaligus tempat kerja. Komputer dipasang juga di dalam kamar. Begitu pun dengan televisi. Mungkin kedua alat elektronik ini telah mengganggu tidur kita. Karena itu, jika hendak tidur, matikan alat elektronik terlebih dulu.

Berantakan

Atur tempat belajar dan lemari, sehingga tidak ada tumpukan pakaian dan tumpukan buku tergeletak di sekitar kamar. Pindahkan proyek yang belum selesai keluar dari kamar tidur, yang membuat kita stres saat bersiap untuk tidur.

Udara

Udara yang bersih di dalam kamar memudahkan kita untuk cepat tidur. Karena itu, buka jendela secara berkala, untuk mengganti udara kamar yang kotor dengan udara segar dari luar. Kalau memungkinkan, gunakan alat pembersih udara.

Related

Health 4622583553140728537

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item