Begini Cara Duduk yang Benar, agar Tidak Menimbulkan Nyeri Pinggang

Begini Cara Duduk yang Benar, agar Tidak Menimbulkan Nyeri Pinggang

Naviri Magazine - Penelitian terhadap murid sekolah di Skandinavia menemukan 41,6% yang menderita nyeri pinggang bawah selama duduk di kelas, terdiri dari 30% yang duduk selama satu jam dan 70% yang duduk lebih dari satu jam.

Bila merasakan nyeri pada pinggang bawah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah berdiri. Berelaksasi setiap 20-30 menit sangat penting untuk mencegah ketegangan otot. Berdiri dan meluruskan pinggang bawah beberapa kali juga sangat menolong. Begitu pula jalan-jalan satu jam sekali, dapat mengurangi ketegangan otot.

Hal-hal yang harus dihindari selama duduk, supaya tidak terjadi nyeri pinggang bawah, antara lain;
  • jangan duduk pada kursi yang terlalu tinggi; 
  • jangan duduk dengan membengkokkan pinggang; 
  • jangan duduk tanpa sandaran di pinggang bawah (pendukung lumbal); 
  • jangan duduk dengan mencondongkan kepala ke depan, karena dapat menyebabkan gangguan pada leher; 
  • jangan duduk dengan lengan terangkat, karena dapat menyebabkan nyeri pada bahu dan leher; 
  • jangan duduk tanpa sokongan lengan bawah, karena dapat menyebabkan nyeri pada bahu dan pinggang

Bagaimanakah posisi duduk yang benar?

Sebaiknya, duduk dengan punggung lurus, dan bahu berada di belakang, serta bokong menyentuh belakang kursi.

Caranya, duduklah di ujung kursi, dan bungkukkan badan seperti huruf C. Setelah itu, tegakkan badan, dan buatlah lengkungan tubuh sebisa mungkin. Tahan untuk beberapa detik, kemudian lepaskan posisi tersebut secara ringan (sekitar 10 derajat). Posisi duduk seperti inilah yang terbaik.

Duduklah dengan lutut tetap setinggi atau sedikit lebih tinggi dari panggul (gunakan penyangga kaki bila perlu), dan sebaiknya kedua tungkai tidak saling menyilang. Jaga agar kedua kaki tidak menggantung.

Hindari duduk dengan posisi yang sama lebih dari 20-30 menit. Selama duduk, istirahatkan siku dan lengan pada kursi atau meja, jaga bahu tetap rileks.

Bila duduk dengan kursi beroda dan berputar, jangan memutarkan pinggang selama duduk, sebaiknya putarkan seluruh tubuh.

Bila berdiri dari posisi duduk, usahakan berdiri dengan meluruskan kedua tungkai. Hindari membungkukkan badan ke depan pinggang, segera luruskan punggung dengan melakukan 10 kali gerakan membungkukkan badan selama berdiri.

Selain tindakan pencegahan tersebut di atas, yang terpenting adalah perlu adanya program kegiatan olahraga senam untuk mengurangi maupun mencegah nyeri pinggang bawah pada setiap pekerja, sebelum memulai hari kerja.

Related

Tips 1866722281884129044

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item