Siap-siap Ketatkan Ikat Pinggang, Harga-harga Naik Semua di Tahun 2020

 Siap-siap Ketatkan Ikat Pinggang, Harga-harga Naik Semua di Tahun 2020

Naviri Magazine - Masyarakat Indonesia harus mengencangkan ikat pinggang di tahun 2020. Sejumlah harga yang diatur pemerintah dipastikan naik, dan membuat pengeluaran makin membengkak. Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan, misalnya, naik dua kali lipat.

Pemerintah juga mengerek tarif cukai rokok, dan mencabut subsidi listrik untuk daya terpasang 900VA, yang dinikmati 24,4 juta pelanggan. Tak hanya itu, tarif jasa transportasi juga disinyalir mengalami kenaikan. Harga tiket angkutan penyeberangan bakal naik sekitar 28 persen, dan sejumlah ruas tol bakal mengalami penyesuaian tarif untuk menghindari potensi kerugian investasi.

Rencana ini muncul ketika pertumbuhan ekonomi kuartal III/2019 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan tren perlambatan. Konsumsi rumah tangga yang berkontribusi sebesar 56,52 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hanya berada di angka 5,01 persen year on year (yoy)—naik tipis ketimbang periode yang sama tahun 2018 sebesar 5 persen yoy.

Rencana ini juga mengemuka, ketika Menteri Keuangan Sri Mulyani berencana fokus menjaga konsumsi domestik di tengah tekanan perlambatan ekonomi global.

Dengan kata lain, menurut ekonom dari Insitute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, kenaikan harga kontradiktif dengan tujuan pemerintah untuk menopang perekonomian dengan "mempertahankan konsumsi".

Related

News 5712774036733796757

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item