Ternyata Ini Penyebab Sebagian Kita Suka Bergosip Setiap Hari

Ternyata Ini Penyebab Sebagian Kita Suka Bergosip Setiap Hari

Naviri Magazine - Setiap orang pasti pernah bergosip. Entah ngomongin teman yang lebih cantik, lebih beruntung, yang perilakunya aneh, dan lain-lain. Jangan mengelak, karena walau bukan hal negatif yang kamu bicarakan, itu tetap masuk dalam kategori bergosip.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science menyatakan bahwa orang biasa menghabiskan waktu sekitar 52 menit per hari untuk terlibat dalam gosip.

Gosip adalah kegiatan yang dilakukan lebih dari satu orang, dan membicarakan mengenai kehidupan orang lain.

Gosip pada dasarnya tak seperti yang dipahami oleh orang banyak dengan menghancurkan reputasi orang lain atau menyebarkan desas-desus jahat tentang mereka. Tetapi gosip adalah bagaimana kita berbagi informasi soal seseorang yang tak hadir di sana.

Menurut penelitian yang dilakukan University of California-Riverside, alasan kenapa seseorang bergosip selama kurang lebih satu jam setiap hari, karena pada dasarnya manusia adalah mahkluk sosial. Dan tentunya akan selalu bergantung pada orang-orang di sekitar untuk berkembang dan bertahan hidup.

Konsep gosip adalah bagian dari sifat dasar manusia untuk selalu berbagi atau bertukar informasi mengenai orang-orang di sekitarnya, dan mengetahui lebih lanjut tentang kepribadian mereka.

Di satu sisi, terlibat dalam gosip adalah salah satu cara lama untuk bisa bertukar informasi mengenai orang-orang sekitar. Kadang mereka lebih memilih bergosip daripada mengkonfirmasi langsung.

Walaupun kadang gosip berubah menjadi obrolan yang negatif, namun, di satu sisi, bergosip bisa juga memperkuat kerja sama kelompok dan membuat para anggotanya mengurangi tingkat keegoisan.

Dalam penelitian itu juga terungkap bahwa bergosip tidak selalu identik dilakukan oleh para cewek, tapi cowok-cowok juga ikut bergosip.

Related

Science 1094922150073976585

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item