Sejarah dan Perkembangan Teknologi Kapal Perang dari Masa ke Masa

Sejarah dan Perkembangan Teknologi Kapal Perang dari Masa ke Masa

Naviri Magazine - Perkembangan teknologi pada kapal perang tidak lepas dari perkembangan teknologi pada dunia pelayaran pada umumnya. Pada awalnya dimulai dari kapal perang sederhana yang dilengkapi pendayung seperti galley dan viking longship, yang hanya satu dek tunggal dan dilengkapi pemanah, penyembur api, atau pelontar.

Penemuan senjata api dan meriam, serta meningkatnya daya jelajah dan jarak tembak meriam, memerlukan kapal-kapal jenis baru yang memiliki daya angkut besar dan daya jelajah jauh hingga samudera, yang memunculkan kapal jenis galleon.

Dibutuhkannya material atau bahan yang kuat untuk menahan tembakan meriam membuat industri kapal menggunakan bahan baja sebagai konstruksi dasar dan lambung kapal, yang memunculkan kapal perang jenis ironclad, yang berkembang menjadi kapal perang yang dikenal dewasa ini.

Sebagai tenaga penggerak, berkembang mulai dari layar dan pendayung, mesin uap yang menggunakan bahan-bakar batu bara, dan mesin diesel yang menggunakan bahan bakar minyak. Peralihan dari bahan bakar batu bara menjadi bahan bakar minyak sebenarnya menjadi dasar pemikiran munculnya konsep ketahanan energi.

Konsep ini muncul dari pemikiran Winston Churchill yang kemudian menjadi perdana menteri Inggris, tentang bagaimana mendapatkan pasokan bahan bakar minyak untuk armada Inggris dan menjaganya, dimana pada saat itu dan bahkan hingga saat ini, bahan bakar minyak adalah komoditi yang langka, namun cukup praktis untuk teknologi mesin dan propulsi.

Penemuan nuklir dan reaktor nuklir memungkinkan upaya untuk menjadikan nuklir menjadi bahan bakar kapal, khususnya sejak era paska perang dunia kedua yang akhirnya berkembang muncul menjadi kapal bertenaga nuklir seperti kapal induk, kapal jelajah dan kapal selam.

Tercatat, USS Nautilus menjadi kapal selam nuklir pertama di dunia. Keunggulan tenaga nuklir memungkinkan armada kapal dapat berlayar dalam jangka waktu cukup lama.

Perkembangan lain yang juga mewarnai kapal perang adalah penemuan radio, telegraf, radar, sonar, dan sarana komunikasi dan navigasi yang memungkinkan kapal perang melakukan deteksi, komunikasi, termasuk penyadapan yang semakin maju dan semakin teliti.

Selain itu, perkembangan persenjataan mulai dari meriam hingga roket, rudal, ranjau dan torpedo membuat kapal-kapal perang memiliki banyak fungsi sehingga pembagian kelas dan peranan menjadi semakin kabur.

Related

Technology 3227201822355772417

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item