Sekarang, Foto-foto Hoax di Instagram Akan Diburamkan

 Sekarang, Foto-foto Hoax di Instagram Akan Diburamkan

Naviri Magazine - Instagram kini tengah giat memberantas berbagai konten yang tidak layak dikonsumsi penggunanya. Setelah melakukan pencegahan postingan bernada bully, kini aplikasi media sosial itu menghadirkan fitur yang bisa memberantas hoaks.

Dengan fitur baru ini, foto yang mengandung informasi hoaks akan diburamkan dan diberi label ‘False Information’. Instagram memperlakukan konten hoaks selayaknya konten sensitif, sehingga pengguna memiliki opsi untuk tidak melihat konten yang informasinya palsu.

Sama seperti konten sensitif, pengguna masih bisa melihat konten hoaks tersebut dengan menekan opsi See Post di bagian bawah gambar. Instagram juga menjelaskan kenapa konten tersebut diberi label hoaks.

Penjelasan itu bisa kamu temukan dengan menekan tombol ‘See why fact-checkers say this is false’. Kemudian muncul beberapa fakta soal postingan tersebut.

Tidak hanya di timeline, Instagram membawa fitur buram dan label hoaks pada konten-konten yang ada di Explore dan juga hashtag. Selain itu, konten yang diberi tanda hoaks juga tidak bisa dibagikan ke platform lain, seperti Facebook.

Untuk menghadirkan fitur ini, Instagram menggunakan teknologi image matching, dengan cara mencocokan gambar hoaks dengan foto yang sebenarnya. Jika gambar tersebut terindentifikasi palsu, maka Instagram akan menandai sehingga tidak ada pengguna yang tertipu.

Sebelumnya, Instagram juga meluncurkan fitur yang melarang seseorang untuk mengunggah postingan bernada bully. Fitur yang didukung teknologi kecerdasan buatan (artificial intellegence/AI) ini bisa mendeteksi kata-kata yang menjurus untuk menyerang atau mempermalukan pengguna lain.

Jadi, ketika pengguna menuliskan kata yang ofensif, sistem akan mengenali dan akan muncul peringatan untuk memberikan kesempatan bagi pengguna menimbang kata-kata tersebut sebelum posting.

Related

News 2090307735459388731

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item