Indonesia Menjadi Negara Penghasil Sampah Plastik Terbesar di Dunia

 Indonesia Menjadi Negara Penghasil Sampah Plastik Terbesar di Dunia

Naviri Magazine - Riset yang dilakukan Lamb pada 2018, dengan judul Plastic Waste Associated with Disease on Coral Reefs, menunjukkan bahwa ada lebih banyak sampah plastik di terumbu karang Indonesia, dibandingkan di area terumbu karang lain di Bumi.

Tak heran jika Indonesia menyumbang sekitar 3,22 juta metrik ton limbah plastik, terbesar kedua setelah Cina. Sebanyak 70 persen merupakan sampah yang berasal dari kegiatan rumah tangga.

Media Internasional mencoba menyoroti persoalan pengelolaan sampah plastik di Indonesia. Namun respons yang didapatkan dari pemerintah justru terkesan seperti penyangkalan bahwa sampah yang mengotori lautan Indonesia bukan dari daratan.

Letak Indonesia yang berada di jalur perlintasan menjadikan negara ini jadi kubangan terbesar sampah plastik. Itulah respons pemerintah Indonesia dalam menanggapi laporan yang dirilis Jurnal Science.

"Sampai saat ini masih dilakukan upaya pencermatan kembali sampah-sampah plastik ini dari mana saja, karena Indonesia merupakan jalur lintas Asia dan Australia. Apakah sampah-sampah itu berasal dari Asia Selatan atau dari mana, kita sampai sekarang juga belum memastikan," kata Djati Witjaksono Hadi, kepala biro hubungan masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kependudukan saat diwawancarai media.

Related

World's Fact 5907471260393205554

Recent

item