Sejarah dan Asal Usul Konsep Tirai Besi, Usai Perang Dunia II

Sejarah dan Asal Usul Konsep Tirai Besi, Usai Perang Dunia II

Naviri Magazine - Konsep Tirai Besi melambangkan batas-batas ideologi dan fisik yang membagi Eropa ke dalam dua wilayah terpisah, dari akhir Perang Dunia II pada 1945 hingga akhir Perang Dingin pada 1991. Di tiap sisi Tirai Besi, negara-negara membangun sekutu-sekutu militer dan ekonomi internasional masing-masing:

    * Dewan Bantuan Timbal Balik Ekonomi dan Pakta Warsawa di pihak timur, dengan Uni Soviet sebagai anggota terpentingnya.

    * Komunitas Eropa dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara di barat dan selatan, dengan Amerika Serikat sebagai kekuatan militer dominannya.

Tirai Besi mengambil bentuk pertahanan perbatasan antara negara-negara Eropa Barat dan Eropa Timur, terutama Tembok Berlin, yang berperan sebagai lambang panjang Tirai secara keseluruhan.

Ide Tirai Besi dimulai di Hungaria, pada musim panas 1989 (misalnya: Penghilangan pagar perbatasan Hungaria dan Piknik Pan-Eropa) ketika ribuan orang Jerman Timur beremigrasi ke Jerman Barat melalui Hungaria pada 11 September, yang melatardepani runtuhnya Tembok Berlin.

Related

History 6283353791973345956

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item