Tanda dan Gejala Masalah Pada Gusi yang Patut Diwaspadai

Tanda dan Gejala Masalah Pada Gusi yang Patut Diwaspadai

Naviri Magazine - Gusi yang sehat adalah tanda bahwa Anda memiliki kesehatan mulut yang baik. Sebaliknya, masalah pada gusi bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak baik pada kesehatan mulut dan gigi Anda.

Beberapa masalah gusi bisa diatasi dengan obat oral dan perawatan sederhana, namun yang lain mungkin membutuhkan pembedahan dan perawatan tingkat lanjut. Berikut adalah beberapa tanda yang harus diwaspadai, karena itu menunjukkan gusi Anda sedang bermasalah.

Napas berbau tidak sedap

Setelah makan daging atau bangun tidur, napas akan berbau tidak sedap. Itu lumrah. Namun, jika Anda memiliki masalah bau mulut sepanjang waktu, bahkan setelah menyikat gigi dan memakai obat kumur secara teratur, itu bisa menjadi tanda bahwa gusi Anda sedang bermasalah.

Perdarahan gusi

Jika gusi tampak berdarah setelah menyikat gigi, itu adalah tanda bahwa gusi Anda lemah dan membutuhkan perawatan yang tepat. Maka sudah saatnya untuk mengunjungi dokter gigi.

Sensitif

Jika Anda merasa ngilu setelah makan atau minum sesuatu yang sangat panas atau dingin, itu menandakan bahwa kesehatan gusi buruk. Gusi yang sehat mudah beradaptasi dengan segala macam suhu.

Gigi goyah

Gigi Anda jadi mudah goyah atau goyang? Itu bisa menjadi tanda bahwa gusi Anda tidak memiliki pegangan yang kuat.

Gusi bernanah

Jika Anda melihat ada nanah di gusi, Anda harus segera pergi ke dokter untuk memeriksakannya. Gejala ini biasanya muncul pada stadium lanjut, yang berarti bahwa Anda telah mengabaikan kesehatan gusi Anda selama ini, dan kini kondisi gusi Anda sudah memburuk.

Gusi menyusut

Hal ini biasanya terjadi saat kesehatan gusi sudah memburuk, sehingga gusi mulai menyusut. Penyusutan gusi akan membuat gigi terlihat lebih panjang dan ujung gigi mulai dapat terlihat.

Keluhan di gusi bukan hal sepele yang bisa diremehkan begitu saja. Sebelum kondisi gusi menjadi parah, waspadai segala tanda yang Anda temukan pada gusi. Dan segera periksakan gusi Anda ke dokter, jika Anda mulai menemukan tanda-tanda yang mencurigakan.

Related

Health 5566414242644110751

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item