Vertigo Anda Kambuh Secara Tiba-Tiba? Cobalah 5 Langkah Berikut

Vertigo Anda Kambuh Secara Tiba-Tiba? Cobalah 5 Langkah Berikut

Salah satu penyebab vertigo bisa karena endapan kalsium yang terlepas di saluran telinga dalam (yang sering disebut BPPV). Jika kristal kalsium ini berinteraksi dengan saraf pendengaran maka otak akan merespons untuk keseimbangan, sehingga Anda akan merasa pusing dan berkunang-kunang. Jadi untuk mengurangi gejala vertigo dan cara mengatasinya ini bisa melalui 5 langkah berikut.

Latihan Khusus Untuk Mengurangi Gejala Vertigo

Jangan panik, tetap rileks

Jika Anda tiba-tiba merasakan ruangan seperti berputar-putar saat duduk atau berdiri, maka jangan panik. Pada beberapa kasus vertigo, gejala pusing disertai kepala yang berkunang-kunang ini bisa berlangsung selama beberapa detik atau dalam kurun waktu lama. Untuk itu, menstabilkan kepala dan  memfokuskan mata pada titik tertentu akan membantu mengurangi gejala tersebut.

Hubungi dokter Anda untuk menjadwalkan terapis fisik

Selain endapan kalsium di saluran telinga dalam, penyakit vertigo kadang bisa diakibatkan oleh masalah yang lebih serius seperti: infeksi telinga bagian dalam, virus, atau stroke. Jadi Anda harus menjadwalkan pemeriksaan dokter dan menjalankan beberapa tes sederhana untuk mengetahui penyebab vertigo tersebut. Jika Anda takut maka bisa berkonsultasi dengan dokter Gue Sehat.

 Lakukan manuver Epley di Rumah

Manuver Epley merupakan gerakan reposisi sederhana untuk memindahkan kristal kalsium yang mengendap di saluran telinga dalam. Latihan ini meliputi kegiatan duduk dan berbaring dengan diikuti gerakan khusus untuk memposisikan kepala dan tubuh. Cara ini telah terbukti mengurangi BPPV secara efektif hingga 80 persen. Namun untuk melakukannya akan dibutuhkan seorang partner.

Lakukan latihan Brandt Daroff

Selanjutnya, Anda bisa melakukan modifikasi manuver Epley yang dikenal sebagai senam Brandt Daroff. Latihan ini meliputi gerakan duduk di tempat tidur, kemudian dilanjutkan gerakan berbaring ke samping. Beberapa ahli mengungkapkan jika latihan ini dapat mengobati gejala BPPV dan juga membiasakan tubuh ketika terjadi vertigo. Namun usahakan Anda rutin untuk melakukannya.

Cobalah manuver Semont

Manuver Semont merupakan gerakan reposisi yang hampir sama dengan manuver Epley dan latihan Brandt Daroff. Tujuan utamanya yaitu memindahkan endapan kalsium (BPPV) di saluran telinga dalam dan mengobati penyakit vertigo secara keseluruhan. Adapun gerakan pada manuver Semont ini meliputi rotasi kepala dengan dikombinasi gerakan mulai dari posisi duduk hingga berbaring.

Related

Health 2932648465706610276

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item