Jika Amerika dan Iran Benar-benar Berperang, Siapa yang Akan Menang?

 Jika Amerika dan Iran Benar-benar Berperang, Siapa yang Akan Menang?

Naviri Magazine - Hubungan Amerika Serikat dan Iran memanas, setelah pemimpin pasukan Quds, Garda Revolusi Iran, Jenderal Qassem Soleimani, terbunuh melalui serangan udara yang dilancarkan militer AS, pekan lalu.

Tak tinggal diam, melalui pasukan bernama ‘Martir Soleimani’, Iran melancarkan aksi balasan dengan menghujani pangkalan AS di Irak dengan puluhan rudal balistik. Hal itu menjadi pertanda bahwa genderang perang telah ditabuh, bahkan banyak yang meyakini World War III atau perang dunia ketiga akan terjadi dalam waktu dekat.

Dilansir dari Armedforces.eu, dua negara yang dikenal telah bersitegang sejak lama itu memiliki peta militer yang sangat berbeda. Misalnya melalui kekuatan daratnya, hingga akhir tahun lalu, AS memiliki 6.393 unit tank, termasuk tank tempur utama (MBT) generasi ketiga M1 Abrams.

Kemudian, mereka juga mempunyai 950 unit artileri self propelled melalui M109 Howitzer, serta kendaraan tempur lapis baja yang mencapai 41.760 unit. Di sisi lain, Iran mempunyai 2.531 tank, yang rata-rata merupakan produksi Rusia, di antaranya T-72S, T-72Z safir, dan juga T-54/55.

Perbandingan kekuatan militer

Di luar moda tempur darat, secara jumlah, Iran hampir sepenuhnya kalah dari AS. Misalnya di sektor udara, Negeri Paman Sam punya 13.398 unit pesawat, baik bestatus jet tempur, pembom, angkut, hingga latih. Iran diketahui hanya memiliki 509 pesawat terbang dengan 165 jet tempur.

Bahkan, perbandingan helikopter jauh lebih parah. Persediaan Iran hanya dua persen dari milik AS, yaitu 126 berbanding 5.760 unit.

Beralih ke matra laut, AS diketahui memiliki 415 kapal perang, sedang Iran hanya 398 buah. Masuk ke bawah laut, persediaan kapal selam AS dua kali lebih banyak dari Iran, yakni 68 berbanding 34 unit.

Di luar moda tempur, baik jumlah personel ataupun anggaran, Global Firepower atau GFP melaporkan bahwa AS pun masih jauh mengungguli Iran.

Related

World's Fact 7624931787664548028

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item