Wow, Orang Terkaya Afrika Memborong Mobil Desa Buatan Indonesia

 Wow, Orang Terkaya Afrika Memborong Mobil Desa Buatan Indonesia

Naviri Magazine - Indonesia akan mengekspor Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau mobil pedesaan, ke Nigeria. Sebanyak 10.000 unit kendaraan dikirim secara bertahap.

AMMDes merupakan kendaraan dengan satu mesin penggerak, yang dilengkapi power take off (PTO), sehingga penggunaannya multi fungsi, meliputi alat transportasi, alat produksi, maupun menggerakkan alat bantu kerja lain seperti ambulance feeder. Sesuai namanya, AMMDes banyak digunakan di pelosok pedesaan dan dijuluki sebagai mobil 'Pak Tani'.

Sebagai permulaan, 3 unit contoh AMMDes untuk aplikasi penjernih air, pengupas padi, dan pengolahan singkong, akan dikirim ke Nigeria pada bulan ini.

"Dangote (Alhaji Aliko Dangote), orang terkaya Afrika, yang sangat berminat impor AMMDes ke Nigeria," kata Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang, dalam konferensi pers kinerja 2019 dan outlook pembangunan sektor industri 2020, di Jakarta.

Dangote, dalam catatan Forbes, merupakan orang terkaya Afrika, dengan kekayaan US$ 8,8 miliar.

Agus mengatakan, komponen AMMDes hampir 100% berasal dari lokal. Rencana ekspor ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Letter of Intens (LOI) PT Kreasi Mandiri Wintor Distribusi (KMWD) dan PT Repindo Jagad Raya, terkait minat ekspor AMMDes sebanyak 10.000 unit dalam 5 tahun.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Harjanto, menuturkan, AMMDes jenis water purifier atau penjernih air paling diminati.

"Air bersih bisa dihasilkan dari sana [AMMDes water purifier]. Kita sudah buktikan sewaktu bencana alam, air bersih bisa dihasilkan dan bisa diminum banyak orang," kata Harjanto.

Keunggulan AMMDes water purifier lain adalah mobilitas kendaraan yang bisa melewati jalan dengan kondisi ekstrem atau off road.

Selain ekspor, Agus mendorong kementerian lain untuk membeli AMMDes sebagai dukungan produk anak bangsa, mengingat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) telah terpenuhi di kendaraan ini.

Related

News 5701241207894795088

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item