Perlu Tahu, Cuaca Dingin ternyata Bisa Berbahaya untuk Jantung dan Paru-paru

 Perlu Tahu, Cuaca Dingin ternyata Bisa Berbahaya untuk Jantung dan Paru-paru

Naviri Magazine - Cuaca dingin memang sering mengintai di musim hujan seperti ini. Biasanya, cuaca dingin menyebabkan tubuh kita menggigil. Tapi pernahkah berpikir bahwa cuaca dingin dapat menyebabkan gangguan jantung dan paru-paru?

Dokter jantung dari Cleveand Clinic, Leslie Cho, MD, menyatakan bahwa cuaca dingin dapat berdampak detak jantung jadi cepat, dan tekanan darah meningkat.

“Reaksi pertama tubuh menghadapi cuaca dingin adalah mencoba menghangatkan tubuh. Pada saat itu pembuluh darah mengerut, detak jantung jadi lebih cepat, dan dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini akan membawa dapak permasalahan jantung,” kata Dr.Cho.

Ketika cuaca dingin, hujan, bahkan berangin, pasti membawa dampak pada suhu tubuh kita. Tubuh tidak dapat menghasilkan energi secara maksimal, karena berusaha menjaga tubuh agar tetap hangat.

Jika kita tetap berdiam diri dan tidak melakukan gerakan atau aktivitas saat cuaca dingin, biasanya akan muncul gejala seperti kekurangan konsentrasi, kebingungan, menggigil, dan mengantuk.

Sebuah penelitian dari Lund University, Swedia, menyatakan bahwa serangan jantung tiba-tiba dapat meningkat 14% dari biasanya, dan terjadi saat suhu rendah mencapai 20° C.

Selain mengganggu permasalahan jantung, cuaca digin juga dapat memengaruhi pernapasan kita.

Sebuah peneliti menemukan bahwa beberapa jenis kanker, termasuk paru-paru, pankreas, usus besar, kulit, dan payudara, terbukti dapat berkembang lebih cepat, lebih awal, dan lebih agresif, di suhu 22-30° C pada cuaca dingin.

Terutama pada penderita asma atau penyakit paru-paru kronis, dapat menyebabkan gangguan pernapasan lebih parah.

“Penyakit paru-paru kronis dapat memicu kejang dalam paru-paru, yang dimulai dengan batuk, merasa kehabisan napas, hingga sesak napas dan timbul suara bengek,” ujar Rachel Taliercio, DO, dokter paru.

Untuk melindungi tubuh, cara terbaik yaitu menggunakan baju hangat, dan memungkinkan menggunakan masker, agar udara dingin tidak masuk hingga paru-paru.

Related

Health 5666763931955762143

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item