Kota-kota di Indonesia yang Menerapkan Larangan Penggunaan Kantong Plastik

  Kota-kota di Indonesia yang Menerapkan Larangan Penggunaan Kantong Plastik

Naviri Magazine - Beberapa kota di Indonesia sudah menerapkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai, salah satunya Bali. Gubernur Bali, Wayan Koster, mengeluarkan Pergub No.97 tahun 2018 tentang pelarangan kantong belanja plastik. Alhasil, pada 1 Januari 2019, masyarakat wajib membawa kantong belanja sendiri, atau membeli kantong non-plastik seharga Rp15 ribu.

Hal yang sama juga dilakukan Banjarmasin, yang sudah melakukan sejak juni 2016, tertuang pada Peraturan Wali Kota (Perwali) Banjarmasin Nomor 18 tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong plastik.

Kebijakan larangan penggunaan kantong plastik dilakukan pada pusat perbelanjaan modern. Sejak peraturan daerah ini diterapkan, dalam waktu dua tahun, Kota Banjarmasin berhasil mengurangi 54 juta lembar kantong plastik.

Hal ini juga berlaku bagi Bogor karena sejak aturan yang dibuat, jumlah sampah plastik berkurang sebanyak 1,7 ton per hari. Kota lain seperti Semarang, Balikpapan, Surabaya, juga menerapkan hal yang sama.

Adanya pelarangan kantong plastik bukan berarti diterima seluruh kalangan. Masalah sampah plastik tidak semata-mata terkait dengan besarnya konsumsi, tetapi juga pengolahan. Tanggapan tersebut pernah dilontarkan Asosiasi Industri Aromatika, Olefin, dan Plastik (Inaplas), Budi Susanto Sadiman selaku Wakil Ketua Umum.

Menurutnya, ada cara lain yang harus diperhatikan pemerintah dalam menanggulangi sampah plastik, salah satunya dengan cara Manajemen Sampah Zero (Masaro), yaitu sampah plastik termasuk kresek yang dikumpulkan di tiap kelurahan dan kecamatan, untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai tambah.

Dengan sistem ini, warga diminta memilah sampah plastik untuk kemudian dijual ke pengusaha daur ulang plastik. Hasilnya, limbah plastik bisa digunakan sebagai bahan bakar motor, minyak tanah, dan campuran aspal.

Related

News 4676959884806652413

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item