Motor Listrik Lokal Elvindo, Harga Murah dengan Banyak Fitur Menarik

Motor Listrik Lokal Elvindo, Harga Murah dengan Banyak Fitur Menarik

Naviri Magazine - Merek otomotif nasional mulai banyak yang berani membuat kendaraan listrik. Terbaru, ada perusahaan bernama PT Indo Jaya Motor Electric, yang mengandalkan lini produk bernama Elvindo (Electric Vehicle Indonesia), untuk bersaing dengan para pemain lama yang sudah lebih dulu muncul.

Direktur Utama Elvindo, Hengky Widjaya, mengatakan, saat ini pihaknya telah memiliki enam model di segmen elektrik. Namun, di brosur resmi yang mereka rilis, terpantau hanya ada empat model yang telah benar-benar tersedia, yakni Arjuna, Veda, Bisma, dan Rama. Soal harga, ia menyebut ada di kisaran Rp5-13 juta.

Elvindo Rama punya tarikan yang terbilang liar. Selain itu, kendati berwujud skuter, motor ini punya pengaturan yang serupa transmisi, di bagian setang sebelah kanan. Bentuknya seperti stop kontak. Kita hanya perlu menekannya ke bawah untuk percepatan-1, tengah untuk percepatan-2, dan atas untuk percepatan puncak.

Lalu, ada satu tombol berwarna merah, tepat di bawah pengaturan transmisi. Saat tombol itu ditekan dan tuas gas ditarik, motor bisa berjalan mundur dengan sendirinya. Tentu hal tersebut sangat berfungsi saat ingin mengeluarkan kendaraan di tempat parkir yang ramai.

Meski murah, pembekalan fitur Elvindo Rama memang terbilang cukup lengkap. Misalnya teknologi keyless, alarm, answer back system, dan juga panel instrumen berjenis digital. Namun, di luar kelebihan tersebut, tentu motor ini memiliki beberapa kekurangan yang mesti diungkap.

Salah satunya, baterai yang terbilang kecil, yakni hanya mampu menempuh jarak maksimal 60 kilometer. Padahal di luar sana, sudah banyak pabrikan yang menanamkan baterai di motor listrik dua kali lebih besar.

Selain itu, panel instrumennya menampilkan informasi yang tak begitu jelas, alias samar. Sehingga, di bawah terik matahari, informasi seputar kendaraan, terutama kecepatan dan daya baterai, tak cukup terlihat. Tak hanya itu, ayunan motor saat melewati jalanan berundak juga agak kasar, sehingga getarannya sangat terasa.

Secara keseluruhan, motor ini terbilang mumpuni untuk harga Rp13 juta. Di luar kekurangan dan kelebihannya, pertimbangan untuk membeli tentu ada di tangan para konsumen.

Related

Automotive 7833961331182455868

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item