Mulai 2020, Thailand Melarang Penggunaan Kantong Plastik

Mulai 2020, Thailand Melarang Penggunaan Kantong Plastik

Naviri Magazine - Thailand mengawali 2020 dengan melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Larangan berlaku di seluruh toko-toko besar.

Kebijakan ini merupakan bagian dari aturan pelarangan total kantong plastik sekali pakai pada 2021 mendatang. Pelarangan bertujuan untuk mengurangi sampah dan limbah di laut.

Menurut Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Thailand, Varawut Silpa-Archa, negaranya mengalami sejumlah peristiwa buruk akibat penggunaan plastik. Salah satunya ketika beberapa hewan laut ditemukan mati dengan plastik di dalam pencernaan mereka.

"Thailand ada di peringkat enam negara-negara yang membuang sampah ke laut," ucap Varawut, seperti dikutip dari AFP.

"Selama lima bulan terakhir, kami turun ke peringkat 10, terima kasih atas kerja sama seluruh warga Thailand," sambung dia.

Data Kementerian SDA dan Lingkungan Thailand menyebut, negara itu telah mengurangi penggunaan kantong plastik sebesar 2 miliar atau 5.765 ton pada 2019 lalu.

Untuk itu, pada fase pertama 2020 ini, Pemerintah Thailand mendorong warganya secara sukarela menggunakan kantong ramah lingkungan untuk berbelanja.

"Awalnya, saya tidak terbiasa (membawa kantong belanja), karena terkadang saya datang dengan tangan kosong. Ketika saya ingat, saya sekarang harus membawanya," papar Varawut.

Related

World's Fact 130457680741811629

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item