Ini Pengertian Gen, juga Sifat dan Fungsinya Dalam Kehidupan

Ini Pengertian Gen, juga Sifat dan Fungsinya Dalam Kehidupan

Naviri Magazine - Gen pertama kali diperkenalkan oleh Thomas Hunt Morgan, ahli genetika dan embriologi Amerika Serikat, yang mengatakan bahwa dalam substansi hereditas yang disebut gen terdapat dalam lokus, di dalam kromosom.

Pengertian gen

Menurut W Johansen, gen merupakan unit terkecil dari suatu makhluk hidup yang mengandung substansi hereditas, terdapat di dalam lokus gen. Gen terdiri dari protein dan asam nukleat (DNA dan RNA), berukuran antara 4-8m (mikron).

Sifat-sifat gen

Gen mempunyai sifat-sifat sebagai berikut: Mengandung informasi genetik; tiap gen mempunyai tugas dan fungsi berbeda; pada waktu pembelahan mitosis dan meiosis dapat mengadakan duplikasi; ditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogen; sebagai zarah yang terdapat dalam kromosom.

Fungsi gen

Gen berfungsi menyampaikan informasi kepada generasi berikutnya; sebagai penentu sifat yang diturunkan; dan mengantur perkembangan dan metabolisme.

Related

Science 2571613380724483363

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item