Sering Melihat Kilat Pada Malam Hari? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya

Sering Melihat Kilat Pada Malam Hari? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya

Naviri Magazine - Jika kita menyempatkan diri untuk melihat langit pada malam hari, kita akan mudah melihat kilat-kilat di angkasa, meskipun cuaca sebenarnya tidak mendung, dan tidak sedang akan turun hujan.

Kilat-kilat itu tidak hanya terjadi satu atau dua kali, tapi hampir terus menerus, dan hal ini dapat terjadi sepanjang malam. Fenomena apa yang sebenarnya terjadi di langit pada malam hari? Dan apakah hal tersebut normal?

Kilat atau petir dapat terjadi karena terdapat perbedaan muatan potensial antara awan dengan bumi, atau antara awan satu dengan awan lainnya. Awan dapat memiliki muatan, karena awan selalu bergerak terus menerus secara teratur.

Selama pergerakannya, awan akan berinteraksi dengan awan lain, sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi awan (atas atau bawah), sedangkan muatan positif akan berkumpul pada sisi sebaliknya.

Jika perbedaan potensial antara awan satu dengan awan lain cukup besar, akan terjadi perpindahan muatan negatif (elektron) dari awan yang kelebihan muatan, untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara.

Ada anggapan keliru yang mengatakan bahwa kilat hanya terjadi saat turun hujan. Sekarang kita tahu bahwa kilat dapat terjadi kapan saja, asalkan terdapat perbedaan potensial antar awan, walaupun tidak ada hujan.

Namun, kilat memang lebih sering terjadi pada saat hujan, karena udara mengandung kadar air yang lebih tinggi dibanding biasanya, sehingga daya isolasi udara akan menurun dan menyebabkan arus lebih mudah mengalir, dan hal ini tentu saja akan memperbesar peluang untuk terjadinya kilat.

Seperti disebutkan sebelumnya, kilat akan terjadi saat ada perbedaan muatan antara awan satu dengan awan lainnya. Jadi, kilat bisa saja terjadi pada siang hari atau malam hari, asal ada pelepasan elektron oleh awan yang berbeda muatan.

Namun kilat memang cenderung lebih sering terlihat pada malam hari. Hal ini dikarenakan pada malam hari tidak ada cahaya matahari, dan kilat lebih mudah terlihat, karena tidak ada sumber cahaya lain di langit yang lebih terang dibanding kilat.

Sedangkan pada siang hari, kilat tentu akan tersamarkan oleh cahaya matahari, yang memiliki intensitas jauh lebih terang dari kilat.

Related

Science 4701865192923381985

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item