Perlu Tahu, Tinja yang Normal Berwarna Cokelat dan Lembut

Perlu Tahu, Tinja yang Normal Berwarna Cokelat dan Lembut

Naviri Magazine - Setiap orang umumnya buang air besar setiap hari. Karena nyatanya orang juga makan dan minum setiap hari. Buang air besar menghasilkan tinja yang merupakan kotoran atau ampas dari makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Lalu bagaimanakah bentuk tinja yang normal untuk orang sehat?

Dr Meta Hanindita, dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, pernah mengungkapkan bahwa tinja yang normal umumnya berwarna cokelat karena pengaruh empedu.

"Terkadang warna kotoran juga bisa dipengaruhi makanan yang kita makan, terlihat cokelat kehijauan setelah kita makan sayur, misalnya," paparnya.

Sedangkan untuk teksturnya, tinja yang normal adalah lembut, karena ini menunjukkan sistem pencernaan yang sehat. Sebaliknya, tinja yang keras bisa diartikan kurang serat atau kurang cairan.

Lantas bagaimana menjaga agar tinja tetap normal? "Bergaya hiduplah yang sehat. Perbanyak serat dari buah atau sayur, yoghurt juga bisa. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup. Lengkapi dengan olahraga teratur," pesan dr Meta.

Related

Science 421476060925587672

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item