Buntut Penangkapan Penyerang Novel Baswedan, Kasus Lama Terkuak Kembali

Buntut Penangkapan Penyerang Novel Baswedan, Kasus Lama Terkuak Kembali, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Penyidik KPK Novel Baswedan disebut pengkhianat oleh salah satu tersangka penganiayaan terhadapnya. Kedua tersangka berstatus polisi aktif. Apa kasus terkait polisi yang pernah ditangani Novel?

Novel Baswedan merupakan penyidik yang menangani kasus proyek simulator SIM yang menjerat mantan Kakorlantas Irjen Djoko Susilo. KPK menetapkan Irjen Djoko Susilo sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan simulator SIM tahun 2011.

Adalah Direktur Utama PT Inovasi Teknologi Indonesia (PT ITI), Sukotjo S Bambang, yang membeberkan masalah ini. Perusahaan yang dipimpinnya, digandeng untuk membuat simulator SIM oleh PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (PT CMMA), perusahaan pemenang tender proyek itu, di Korlantas Polri.

Berdasarkan keterangan Bambang, PT CMMA memenangi proyek simulator kemudi sepeda motor dan mobil itu, senilai Rp 196,87 miliar. Masing-masing untuk motor sebanyak 700 unit senilai Rp 54,453 miliar, dan mobil 556 unit senilai Rp 142,415 miliar. Sedangkan PT CMMA membeli alat-alat itu ke PT ITI dengan harga total Rp 83 miliar.

Selain Irjen Joko, KPK sempat memeriksa polisi lain. Salah satunya Kakorlantas Polri, Irjen Pudji Hartanto, yang diperiksa pada 13 Maret 2013.

Seusai kasus ini, Novel sempat dibidik oleh polisi dengan dugaan penganiayaan, terkait pencurian sarang burung walet. Kasus dugaan penganiayaan yang menyeret Novel Baswedan saat menjadi Kasat Reskrim di Polres Bengkulu pada 2004 itu sempat diungkit kembali.

Namun kasus Novel ini dihentikan di tingkat kejaksaan. Dalam Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKPP) Nomor B 03/N.7.10/Eo.1/02/2016 yang ditandatangani Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu, kasus Novel dihentikan karena tidak terbukti.

Related

News 200887306056072404

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item