Heloise dan Abelard, Kisah Cinta Terlarang dari Abad Pertengahan

Heloise dan Abelard, Kisah Cinta Terlarang dari Abad Pertengahan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Di kalangan intelektual Abad Pertengahan, Peter Abelard (1079-1142) dikenal sebagai salah satu teolog dan filsuf paling cemerlang. Banyak mahasiswa berbondong-bondong mendatanginya di Notre Dame, Paris, untuk berguru apa pun padanya.

Suatu ketika, saat Abelard sedang berjalan-jalan di sekitar gereja, ia melihat sosok gadis cantik yang mencuri perhatiannya. Setelah diusut, perempuan muda tersebut ternyata keponakan seorang anggota gereja.

Nama si dara jelita ini adalah Heloise. Abelard bertanya kepada anggota gereja tersebut, apakah dia bisa tinggal bersama Heloise?

Sebagai gantinya, ia menawarkan diri untuk mengajari Heloise yang berusia 17 tahun apa saja. (Abelard dua puluh tahun lebih tua dari Heloise).

Keduanya cepat akrab, dan terlibat hubungan terlarang. Heloise hamil di luar nikah. Mereka pun memutuskan untuk menikah diam-diam, karena malu. Abelard sadar, para cendekiawan di Abad Pertengahan, seperti dirinya, seharusnya berperilaku alim.

Dalam serangkaian kesalahpahaman, anggota gereja terkait (yang merupakan paman Heloise) berpikir bahwa Abelard telah menelantarkan Heloise.

Sang paman pun menjadi sangat murka, sehingga ia mempekerjakan beberapa orang untuk mengebiri Abelard, dan memaksanya untuk mengakhiri jalinan cinta dengan Heloise.

Abelard kemudian bergabung dengan sebuah biara, menuangkan kisah getirnya itu dalam sebuah karya berjudul "History of My Misfortunes", dan kemudian melanjutkan mengajar dan terlibat dalam debat intelektual.

Heloise juga bergabung dengan sebuah biara. Anak mereka dibesarkan oleh keluarga Heloise. Terlepas dari perpisahan mereka, kedua kekasih itu sekarang terkubur bersama di pemakaman Lachaise di Paris.

Related

Romance 7229241355624520442

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item