Mengapa Kaktus Dapat Bertahan Hidup Tanpa Air? Ini Penjelasannya

Mengapa Kaktus Dapat Bertahan Hidup Tanpa Air? naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dari dalam tanah. Air yang diserap kaktus kemudian disimpan dalam ruang di batangnya.

Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri, sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Karena faktor-faktor itu, kaktus pun dapat hidup lama meski tanpa air.

Mengapa kaktus memiliki duri?

Kaktus hidup di daerah kering, karenanya kaktus harus bertahan dengan air yang sangat sedikit. Untuk menyerap air dengan cepat, akar tanaman harus dekat dengan permukaan tanah, dan air disimpan di dalam batang berspon. Karena itulah rata-rata tanaman kaktus memiliki ukuran yang pendek, sehingga dekat dengan tanah.

Duri-duri tajam yang menghiasi tubuh kaktus membantu mengurangi penguapan air. Selain itu, duri-duri tajam itu juga melindungi kaktus dari binatang kehausan yang mungkin akan menggigitnya untuk mengambil airnya.

Related

Science 5949360604132880133

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item