Kisah Iqbal, Youtuber yang Viral karena Bertarung dengan Kuntilanak

Kisah Iqbal, Youtuber yang Viral karena Bertarung dengan Kuntilanak

Naviri Magazine - "Cuma di Indonesia, setan nggak punya harga diri." Begitu kira-kira celetukan netizen ketika melihat kepala kuntilanak dipukul menggunakan batako.

Video yang diunggah melalui akun Youtube Sableng TV itu pun lantas viral di media sosial. Bagaimana tidak, makhluk halus yang begitu menyeramkan, malah dibuat lucu-lucuan.

Video dengan judul 'Kunti dipukul batako sampai terpental asli', yang diunggah pada 14 Desember 2019 silam, hanyalah satu dari sederet video horor di Sableng TV. Video lainnya yang tak kalah heboh yakni kepala kuntilanak dengan muka hancur yang diperlihatkan secara jelas ke kamera, sebelum dilempar ke tanah.

Sosok di balik video-video itu bernama Muchammad Iqbal Alfian. Ketika dihubungi, Iqbal menceritakan awal mula membuat video-video horor tersebut, hingga kini bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp 20 juta per bulan dari viewers Youtube.

"Sebenarnya, awal saya bikin niatnya mau prank, tapi malah ketemu sama pocong. Saya upload prank-nya sama video pocongnya, tapi malah yang viral video penampakan pocongnya. Saya upload video pertama awal Februari lalu," ujar Iqbal.

"Waktu itu yang nonton sampai 2 jutaan viewers, dari situ saya tahu berarti yang cocok (konten) seperti ini. Saya lihat konten-konten horor lainnya. Saya coba buat seperti itu juga, dengan langsung datengin ke tempat-tempat seram," lanjutnya.

Hanya berbekal handphone dan senter, Iqbal kemudian memburu makhluk halus ke berbagai tempat angker di Jawa Tengah. Bersama satu rekannya, Iqbal mulai melakukan live streaming selepas tengah malam.

Berada di tempat seram, tak membuat nyali Iqbal ciut. Pria 25 tahun ini lantas memulai perburuannya dengan membakar rambut. Hal itu dilakukan untuk mengundang makhluk halus.

"Kalau dibilang takut, sebenarnya saya takut juga, cuma modal nekat saja. Awalnya, pengin dapat bayaran dari Youtube dan sekarang udah gajian, jadi ya sudah dinekat-nekatin saja. Lagian, kalau lagi live streaming yang komen kan banyak, jadi ngerasa ada yang nemenin," katanya.

Selain keberaniannya menghadapi para dedemit itu, Iqbal juga kerap bertingkah konyol. Ada saja omongan atau celetukan khasnya yang mengundang tawa penontonya.

"Kebanyakan orang bilang saya barbar, lucu, kocak. Saya sebenarnya slengean orangnya. Ada request gini, saya turuti, kebetulan tingkah saya keliatan lucu atau konyol, jadi mungkin itu yang bikin orang terhibur, ya," ucap Iqbal.

Kenekatan pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang service handphone ini pun membuahkan hasil. Sableng TV, yang diikuti oleh 211 ribu subcriber, diganjar dengan penghargaan Silver Play Button dari Youtube.

Iqbal mengaku tak pernah menyangka upayanya tersebut bisa sampai mendapatkan penghasilan puluhan juta rupiah per bulan, sekaligus mendapatkan penghargaan. 

"Baru dua kali gajian dari Youtube, hehehe. Duitnya masih saya tabung. Yang pasti, kalau ditanya mau sampai kapan bikin konten-konten horor, saya bilang sampai seterusnya. Saya jalanin saja," pungkasnya.

Related

News 6476549018932524280

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item