Sebar Informasi Palsu Virus Corona, Seorang Pria Ditangkap Polisi

Sebar Informasi Palsu Virus Corona, Seorang Pria Ditangkap Polisi

Naviri Magazine - Seorang pria berusia 34 tahun telah ditangkap di Bangi, Selangor, karena telah memposting informasi di Facebook tentang coronavirus Wuhan (2019-nCoV) yang menurut dugaan mengandung informasi palsu.

Menurut Malaysian Communications and Multimedia Commission (MCMC), pria itu ditangkap di rumahnya. Penyelidik juga menyita ponsel dan kartu sim yang diyakini telah digunakan untuk melakukan posting informasi tersebut.

Pria itu sedang diselidiki karena penggunaan fasilitas jaringan yang tidak benar, berdasarkan Seksi 233 dari Undang-Undang Komunikasi dan Multimedia, yang bisa dihukum dengan hukuman penjara tidak lebih dari setahun dan denda hingga RM50.000 setelah dijatuhi hukuman.

MCMC mengatakan bahwa tindakan keras itu adalah salah satu upaya MCMC dan Kepolisian Kerajaan Malaysia untuk mengendalikan penyebaran berita palsu tentang virus corona baru oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang dapat membahayakan stabilitas nasional dan ketenteraman publik.

Juru bicara MCMC menambahkan bahwa pihak penegak hukum masih mengejar tiga orang lainnya, karena pelanggaran serupa tentang virus corona.

Awal pekan ini, MCMC dab Polisi Malaysia memperingatkan bahwa mereka akan menegakkan hukum yang ada terhadap siapa saja yang berbagi berita palsu, terutama pada situasi lokal 2019-nCoV.

Sementara penyebaran virus terbatas di Malaysia, otoritas kesehatan telah dipaksa berulang kali menyangkal berita palsu dan informasi yang salah di media sosial, dalam upaya untuk mencegah kepanikan publik.

Pihak berwenang Malaysia mengonfirmasi tiga infeksi 2019-nCoV baru di Malaysia, sehingga jumlah kasus jadi tujuh secara keseluruhan.

Related

News 2020924659122464155

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item