Ngeri! Setiap Hari, Ada 28 Juta Virus Menyerang Komputer di Seluruh Dunia

Virus Komputer di Seluruh Dunia, Naviri Magazine, naviri.org

Naviri Magazine - Menurut data Statista, tercatat ada lebih dari 10,5 miliar serangan malware di seluruh dunia pada 2018 silam. Artinya, saban hari, ada lebih dari 28 juta serangan malware di seluruh dunia.

National Institute of Standard and Technology, yang berada di bawah Kementerian Perdagangan AS, mengeluarkan laporan bertajuk “Malware Risk and Mitigation Report” pada 2011.

Laporan itu menyatakan bahwa malware, dalam bentuk virus, trojan, atau bahkan spyware, punya banyak sifat yang hampir kesemuanya berbahaya dan jauh dari sekadar “lelucon”, di antaranya adalah keylogger, rootkit, flaw exploits, bot, hingga denial of service.

Secara umum, malware merasuk pada korbannya melalui lima tahap; reconnaissance (identifikasi calon korban), assembly (pelaku menciptakan malware yang sesuai dengan korban), delivery (malware disusupkan sesuai dengan profil korban), command (malware beraksi), dan execution (malware memegang kendali).

World Economic Forum memperkirakan, satu serangan tunggal malware yang terjadi pada 2018 harus dibayar dengan kerugian lebih dari $2,6 juta, khususnya menyangkut hilangnya data atau informasi.

Related

Technology 8093917734564657835

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item