Amankah Berenang Saat Wabah Corona? Ini Penjelasan WHO

Amankah Berenang Saat Wabah Corona? Ini Penjelasan WHO, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Selama masa dibatasinya aktivitas sosial (social distancing) untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19, banyak orang yang ingin melakukan kegiatan yang sehat, salah satunya berenang. Namun, amankah berenang saat wabah corona?

Mengutip laman Runners World, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan tingkat klorinasi 15mg per liter di dalam kolam renang untuk membunuh virus, seperti virus polio, rotavirus dan coxsackie, serta virus yang terselubung seperti COVID-19.

Klorinasi adalah proses pemberian klorin (Cl2) atau hipoklorit ke dalam air yang telah menjalani proses filtrasi.

Metode itu memang digunakan untuk membunuh bakteri dan mikroba tertentu di air, karena klorin sangat beracun. Meskipun tergolong aman, WHO juga menyarankan, siapa pun diharuskan membersihkan diri sebelum dan sesudah berenang.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengumumkan bahwa per Jumat, 20 Maret 2020, semua pusat rekreasi dan pusat kebugaran harus ditutup dalam upaya untuk menghentikan virus corona. Langkah itu diberlakukan, termasuk menghindari pertemuan besar di tempat-tempat umum, dan pertemuan dengan keluarga dan teman.

Keputusan Johnson meluas ke aktivitas gym dan kolam renang juga, sehingga para perenang diharuskan menghindari kolam untuk saat ini, meskipun air aman dari virus. Pekan lalu, Pool Water Treatment and Advisory Group (PWTAG) juga mengaku telah berkonsultasi dengan bidang Kesehatan Masyarakat Inggris mengenai hal itu.

"Kami telah memeriksa dengan petunjuk nasional kami, yang mengonfirmasi bahwa virus corona bisa dimusnahkan dengan tingkat klorin tertentu yang digunakan di kolam renang," bunyi PWTAG dalam keterangannya. "Namun, pengunjung diingatkan untuk mandi sebelum menggunakan dan saat meninggalkan kolam renang."

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Health 7486684353853618954

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item