Begini Cara Selandia Baru Menangani Kasus Corona yang Menimpa Warganya

Begini Cara Selandia Baru Menangani Kasus Corona yang Menimpa Warganya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Akhir pekan lalu, pemerintah Selandia Baru mengumumkan kasus pertama Corona. Pasien berusia 60 tahun itu sekarang diisolasi di Rumah Sakit Kota Auckland. Perdana Menteri Jacinda Ardern menjelaskan, pasien tersebut sebelumnya telah dites dua kali dan dinyatakan negatif. Namun pada tes ketiga, hasilnya berubah.

Sampel pertama yang diambil dari tenggorokan atau nasofaring, negatif. Namun pasien masih menunjukkan gejala infeksi paru-paru—salah satu gejala Corona.

Direktur Jenderal Kesehatan, Ashley Bloomfield, mengatakan orang tersebut awalnya berada di Iran. Dia terbang menggunakan Emirates EK450/UAE450 dari Dubai (DXB), lalu transit di Denpasar Bali (DPS) sebelum menuju ke Auckland (AKL).

Pemerintah Selandia Baru tengah melacak orang-orang dengan nomor penerbangan EK450 tersebut, terutama para penumpang dari Bali.

"Orang-orang yang akan dihubungi oleh layanan kesehatan masyarakat adalah orang-orang yang berada di barisan yang sama dengan orang ini, atau dua baris di depan atau di belakang," kata Bloomfield.

Pemerintah Selandia Baru mengimbau penumpang Emirates EK450 yang lain untuk menghubungi layanan tanggap darurat di 0800 358 5453. Mereka juga menyarankan jika ada keluhan medis yang mengarah ke gejala Corona, para penumpang segera mendatangi departemen gawat darurat Kota Auckland.

Berdasarkan data penerbangan yang direkam Flightradar24, pesawat tersebut sampai di Bandara Internasional Ngurah Rai pukul 07.27, Rabu (26/2/2020), kemudian berangkat menuju Bandara Internasional Auckland pukul 08.57.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar, Lucky Thahjono, mengatakan Emirates EK450 transit di Ngurah Rai sekitar 1 hingga 1,5 jam. Ia memastikan para penumpang tidak keluar dari area bandara.

"Transit lewat gate dan sudah melewati thermal scanner. Selanjutnya langsung masuk gate untuk boarding. Jadi jika ada yang demam, pasti sudah diperiksa lebih lanjut," jelasnya.

Related

News 1501268491989615949

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item