FKUI Tak Sarankan Bikin Hand Sanitizer Sendiri, karena Justru Bisa Bahaya

FKUI Tak Sarankan Bikin Hand Sanitizer Sendiri, karena Justru Bisa Bahaya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Di tengah langka dan mahalnya hand sanitizer, banyak orang yang memilih untuk meraciknya sendiri. Biasanya, kebanyakan mereka mendapatkan informasi terkait bahan-bahannya dari media sosial, terutama YouTube.

Hand sanitizer DIY (Do It Yourself) rata-rata dibuat dengan komposisi alkohol 70 persen. Menanggapi hal ini, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, mengatakan, tidak bisa sembarangan dalam membuat hand sanitizer.

"Saya sampaikan, bahwa ada standarnya dalam membuat hand sanitizer. Ada komposisinya, ada hitungannya, nanti malah berisiko," jelasnya, saat melakukan konferensi pers daring FKUI Peduli Covid-19.

Prof Ari mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak sembarangan mencoba membuat hand sanitizer, jika tidak memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut. Dampaknya bisa berbahaya dan berisiko.

"Jadi, saya tidak menganjurkan masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan mengenai masalah kimia ini mencoba buat (hand sanitizer) sendiri," tegasnya.

Prof Ari juga mengimbau dan mengajak institusi pendidikan yang memiliki laboratorium kimia dan farmasi untuk ikut andil dalam membuat hand sanitizer. Hal ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar bisa mengerti bagaimana membuat hand sanitizer sendiri dengan takaran dan bahan yang aman.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 2016525366363526914

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item