Kasus Corona Naik Drastis Dalam Sehari, 16 Juta Warga Italia Terpaksa Dikarantina

Kasus Corona Naik Drastis Dalam Sehari, 16 Juta Warga Italia Terpaksa Dikarantina, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Jumlah korban meninggal dunia akibat wabah virus corona di Italia melonjak dari 133 orang menjadi 366 orang dalam sehari. Jumlah total orang yang terinfeksi pun naik 25%, dari 5.883 kasus menjadi 7.375 kasus.

Angka-angka ini menjadikan Italia sebagai negara dengan kasus virus corona terbanyak di luar China, sejak virus itu menjalar pada Desember 2019.

Lonjakan ini terjadi di tengah langkah drastis yang ditempuh Italia, guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, mengatakan setidaknya 16 juta orang di wilayah Lombardy dan 14 provinsi lainnya harus memperoleh izin khusus bepergian dalam aturan karantina.

Langkah itu dibarengi dengan penutupan sekolah, pusat kebugaran, kolam renang, kelab malam, museum, dan resor ski, di seantero Italia.

Proses karantina akan berlangsung hingga 3 April.

Berdasarkan catatan Kedutaan Besar Indonesia di Roma, terdapat 1.239 WNI yang tinggal di berbagai wilayah tersebut, dan belum ada WNI yang terinfeksi COVID-19 di sana.

"Secara umum, para WNI tetap tenang dan memutuskan tinggal di rumah sesuai ketentuan otoritas setempat. Suplai bahan pangan sehari-hari masih terjamin. KBRI Roma juga telah menyusun panduan langkah kontijensi dan menetapkan nomor hotline COVID-19 serta menyampaikan imbauan langkah-langkah pencegahan," sebut pernyataan KBRI Roma yang diterima media.

Sebelumnya, Institut Kesehatan Nasional menyatakan, usia rata-rata para korban meninggal dunia adalah 81 tahun. Mayoritasnya mengidap penyakit bawaan. Diperkirakan, 72% di antara mereka berjenis kelamin laki-laki.

Menurut data pemerintah, 4,25% kasus virus corona yang dikonfirmasi telah meninggal dunia, persentase tertinggi di dunia.

Karena itu, dalam pernyataan yang diumumkan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Indonesia melarang masuk atau transit wisatawan asing asal Italia serta warga asing yang pernah mengunjungi wilayah tersebut. Dua negara lainnya yang disebutkan adalah Iran dan Korea Selatan.

Keputusan ini mulai berlaku pada Minggu (8/3) pukul 00.00 WIB.

Related

News 5697391378987313950

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item