Peneliti Ungkap Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Tubuh Pasien

Peneliti Ungkap Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Tubuh Pasien, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Penelitian menemukan, pasien virus corona dapat menyimpan patogen penyebab penyakit virus (COVID-19) di saluran pernapasan selama 37 hari. Dengan demikian, pasien-pasien yang terjangkit bisa menularkan virus corona selama sekitar lima pekan.

Sebagaimana dituliskan dalam sebuah artikel yang dipublikasikan di jurnal medis Lancet, dokter-dokter di Cina mendeteksi RNA virus dalam sampel pernapasan dari orang-orang yang berhasil sembuh selama rata-rata 20 hari setelah mereka terinfeksi.

“Temuan tersebut memiliki implikasi penting untuk pengambilan keputusan, baik untuk isolasi pasien dan panduan seputar lamanya pengobatan antivirus,” ujar Fei Zhou dan penulis lain dari Chinese Academy of Medical Sciences.

Saat ini, periode isolasi yang disarankan setelah terpapar corona adalah 14 hari untuk menghindari penyebaran virus. Meski demikian, jika pasien corona tetap menularkan virus ini dalam waktu lama setelah gejala-gejalanya hilang, mereka mungkin tanpa sadar telah mengembangbiakkan patogen virus, setelah kembali dari karantina.

“Sebagai perbandingan, hanya sepertiga pasien SARS masih memendam virus penyebab penyakit itu dalam saluran pernapasan, setelah empat pekan,” terang para ilmuwan Cina tersebut.

Dalam menelurkan studi itu, mereka mempelajari catatan medis dan data laboratorium dari 191 pasien COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Jinyintan dan Rumah Sakit Wuhan Pulmonary, termasuk 54 orang yang meninggal karena infeksi corona.

Sementara itu, wabah penyakit virus corona telah menyebar ke lebih dari 120 negara, dan menginfeksi lebih dari 125.000 orang di seluruh dunia, sejak pertama kali muncul di Wuhan pada Desember 2019.

Related

Science 6704520959150821140

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item