Wabah Corona, Italia Menerjunkan Militer untuk Menangkap Orang-orang yang Keluar Rumah

Wabah Corona, Italia Menerjunkan Militer untuk Menangkap Orang-orang yang Keluar Rumah, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Semenjak virus corona dideklarasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pandemi global, dan lebih dari 100 negara berjuang menahan derasnya laju penyebaran virus ini, Italia menjadi negara dengan angka positif corona tertinggi di luar Tiongkok.

Meskipun pemerintah Italia terus berusaha menjinakkan virus ini, angka kematian dan infeksi meroket, dan rumah sakit berada dalam tekanan luar biasa.

Pada 10 Maret lalu, salah satu negara yang paling ekstrem merespons pandemi ini adalah pemerintah Italia. Negeri Pizza menerapkan karantina nasional (lockdown) dan menutup semua toko kecuali farmasi dan supermarket.

Bar, restoran, kelab malam, tidak diperbolehkan beroperasi. Sekolah, acara publik, dan perkumpulan juga ditiadakan, dan semua bisnis diminta menutup departemen yang tidak esensial.

Lewat sebuah pidato yang ditayangkan di televisi, Perdana Menteri Guiseppe Conte merangkum sikap negara dalam menangani virus lewat sebuah kalimat sederhana: “Saya tidak akan keluar rumah.”

Tapi banyak orang tidak mengikuti imbauan ini. Ketika pihak pemerintah mengimbau warga untuk tetap tenang, ribuan orang justru menyerbu supermarket, menimbun makanan dan produk kebersihan. Alih-alih tinggal di rumah, orang-orang justru mengadakan pesta di rumah dan nongkrong di restoran dan bar yang harusnya tutup.

Pemerintah Italia akhirnya mengirim beberapa unit militer di jalan-jalan utama, untuk mendenda atau bahkan memenjarakan orang-orang yang keluar rumah tanpa alasan jelas, tapi ternyata banyak juga yang lolos. Sabtu lalu, banyak kota yang menutup taman-taman umum, karena banyak sekali orang yang nongkrong di situ.

Baca laporan lengkap  » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 4993606184544997743

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item