Benarkah Air Purifier Ampuh untuk Cegah Virus Corona? Ini Penjelasan Ahli

Benarkah Air Purifier Ampuh untuk Cegah Virus Corona? Ini Penjelasan Ahli,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Air purifier atau alat penjernih udara yang menggunakan filter, sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Hal tersebut didasari oleh kepercayaan publik atas kemampuannya dalam menangkal virus corona. Namun benarkah demikian?

Melansir dari situs Buzzfeed News, asisten profesor mikrobiologi dan anggota Pusat Ilmu Pengetahuan dan Keamanan Kesehatan Global di Georgetown, Erin Sorrell, mengatakan bahwa air purifier memang kaya manfaat. Salah satunya adalah dapat menyaring udara dari partikel yang tidak diinginkan.

Meski demikian, ia menjelaskan bahwa partikel tersebut tidak mencangkup virus. “Air purifier menggunakan filter high-efficiency particulate air (HEPA). Dia ampuh menyaring banyak partikel dengan ukuran hingga 0,3 mikron. Sedangkan organisme sekecil virus kira-kira 0,1 mikron,” katanya.

Sejalan dengan pernyataan Sorrell, ahli obat pernapasan di sebuah rumah sakit di Provinsi Jiangxi, Tiongkok, Guo Xiaoyun, mengatakan bahwa belum ada bukti dari penggunaan air purifier dapat menyaring virus corona.

“Secara komersial, polusi bisa dicegah. Namun bukan penyebaran infeksi seperti corona,” katanya.

Tak heran, seperti dilansir dari situs South China Morning Post, Xiaoyun pun mengimbau agar masyarakat menaati anjuran pemerintah dalam menangkal Covid-19. “Kalau Anda sakit, isolasi mandiri di rumah. Hindari aktivitas di luar ruangan, dan selalu mencuci tangan,” katanya.

Adapun membuka jendela rumah lebih disarankan, untuk menjernihkan udara daripada menggunakan teknologi semacam air purifier.

“Jika tujuan Anda hanya sekadar membersihkan udara di rumah, maka membuka semua jendela lebih efektif dan alami daripada menggunakan air purier,” katanya.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Science 3414943815044231825

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item