Hasil Penelitian: Wudhu Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak dan Nyaman

Hasil Penelitian: Wudhu Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak dan Nyaman,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Bagi kamu yang Muslim, mungkin sudah tahu jika membersihkan diri dengan wudhu sebelum tidur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Menurut Islam, wudhu sebelum tidur dapat membuat tubuh lebih tenang dan nyaman, karena kamu tidur dalam keadaan suci sehingga dilindungi oleh malaikat dari keburukan.

Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu). maka malaikat akan mengikuti. Lalu ketika ia bangun, niscaya malaikat akan berucap; ‘Ya Allah ampunilah hambamu si Fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’." (HR Ibnu Hibban dan Ibnu Ummar r.a)

Ternyata, secara ilmiah wudhu juga memiliki manfaat positif bagi tubuh. Salah satunya adalah bisa membuat tidur kamu jauh lebih nyenyak. Mengapa demikian?

Menurut penelitian, membasuh tubuh dengan air pada malam hari bisa meningkatkan suhu tubuh. Dalam sebuah artikel pada almadinainstitute.org, Khaleel Ahmed MD, DABSM, seorang ahli obat tidur, menyatakan bahwa wudhu sebelum tidur memiliki manfaat yang sama dengan berendam air hangat satu atau dua jam sebelum tidur.

Rutinitas tersebut bisa meningkatkan suhu tubuh. Kemudian saat suhu tubuh mulai kembali normal, tubuh kamu perlahan-lahan jadi lebih rileks, mudah mengantuk, dan merasa nyaman.

Jadi, kalau kamu kesulitan tidur setiap malam, coba lakukan wudhu supaya tidur bisa lebih nyenyak. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan aroma teraphy dan menjauhkan perangkat elektronik agar kamu bisa tidur dengan nyenyak dan tenang.

Related

Science 7914313039809151211

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item