Seberapa Efektif Masker Kain Cegah Virus Corona? Ini Penjelasan Dokter

Seberapa Efektif Masker Kain Cegah Virus Corona? Ini Penjelasan Dokter, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Usai kelangkaan masker bedah akibat wabah virus corona covid-19, kini masker kain menjadi alternatif masyarakat. Meski begitu, banyak juga yang bertanya soal efektivitas masker kain.

Apakah masker kain seefektif masker bedah dalam penggunaannya?

Verifikasi fakta

Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, dr Erlina Burhan, Sp.P(K),M.Sc, pH.D, mengatakan masker kain bisa digunakan masyarakat yang sehat saat berada di tempat umum. Catatannya, tetap harus menjaga jarak antarorang.

"Harus jaga jarak aman 1-2 meter," katanya.

Adapun soal efektivitas masker kain, ia menjelaskan masker ini tak sebaik masker bedah. Sebab, hanya bisa melindungi dari partikel percikan dalam ukuran besar.

"Masker kain ini perlindungan dropletnya ada, tapi tidak ada perlindungan partikel aerosol airborne. Droplet batuk, bersin ukuran besar ya bisa, tapi kalau droplet ukuran kecil tidak bisa," ujarnya.

Ia menyebutkan, masker kain hanya mampu menahan droplet hingga ukuran 3 mikron mencapai 10 sampai 60 persen. Hanya saja, keuntungannya masker dapat dipakai berulang dengan dicuci menggunakan deterjen dan air hangat, untuk membunuh virus dan bakteri yang menempel.

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan, masker kain tak bisa memproteksi semua partikel. Karena itu, masker ini tak disarankan untuk tenaga kesehatan.

"Alasannya 40 hingga 90 persen partikel dapat menembus masuk," katanya.

Erlina mengatakan, masker kain dapat digunakan dalam kondisi terpaksa. Masker juga disebutkan bukan patokan mencegah penyebaran corona.

Dia menjelaskan, kunci penting mencegah penyebaran virus corona dapat dilakukan dengan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan tetap tinggal di rumah. Sehingga masker bukan patokan mencegah corona.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia

Related

Health 2680151437877226653

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item