Cek Fakta: Benarkah Ini Wujud Asli Virus Corona Covid-19 Setelah Diperbesar 2.600 Kali?

Cek Fakta: Benarkah Ini Wujud Asli Virus Corona Covid-19 Setelah Diperbesar 2.600 Kali? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Foto makhluk kecil dengan moncong yang panjang dan tubuh berbulu, beredar di media sosial. Menurut narasi yang terdapat dalam foto tersebut, makhluk itu merupakan wujud asli virus Corona Covid-19, setelah diperbesar 2.600 kali.

Salah satu akun yang membagikan foto itu adalah akun Warsih Naturaworld. Unggahan yang telah dibagikan lebih dari 200 kali ini juga dilengkapi narasi yang bunyinya sebagai berikut:

Wahai makhluk Allah yg bernama covid 19.. Jika Engkau tentara Allah yg dikirim untuk memberantas kesombongan dimuka bumi, segerakanlah tugas Mu.. Ijinkan kami bisa menghirup udara ramadhan yg syahdu.. Ijinkan kami Menemui bulan penuh ampunan Dari Robb semesta alam..

Wahai makhluk nano berukuran 150 nanometer yg mampu menggemparkan dunia.. Ukuran kecilmu menjadi bukti kuasa Pencipta Nya. Covid19 pulanglah ke tempat Mu dengan tenang sebelum Ramadan. Covid19 pulanglah ke tempat Mu dengan tenang sebelum Ramadan. Covid19 pulanglah ke tempat Mu dengan tenang sebelum Ramadan. Aamiin Ya Rabb.

Apa benar makhluk kecil tersebut merupakan wujud asli virus Corona Covid-19 setelah diperbesar 2.600 kali?

Pemeriksaan fakta

Berdasarkan penelusuran Tim CekFakta dengan reverse image tool Google, foto yang sama diunggah pertama kali oleh sebuah akun di situs Reddit.com pada 24 Februari 2020 lalu. Namun, foto tersebut bukan foto virus Corona Covid-19, melainkan foto close-up wajah salah satu jenis kumbang, weevil.

Foto yang sama juga pernah diunggah oleh akun Twitter Helios, @Helios_en, pada 26 Februari 2020 lalu. Akun ini menuliskan keterangan pada foto itu bahwa weevil berasal dari keluarga kumbang Curculionoidea. Ukuran kumbang ini kecil, kurang dari 6 milimeter. Kumbang ini pun termasuk herbivora, yang menyukai tepung dan gandum.

Video kumbang weevil juga pernah diunggah oleh Morley Read, fotografer sekaligus konsultan biologi di Ekuador, Amerika Selatan, di situs Shutterstock. Video itu diberi judul "Tropical weevil from the Ecuadorian Amazon, close-up."

Dilansir dari situs Encyclopedia Britannica, weevil termasuk dalam keluarga kumbang Curculionidae dan ordo serangga Coleoptera. Kumbang ini juga kerap disebut sebagai kumbang moncong. Curculionidae merupakan salah satu keluarga terbesar dari ordo Coleoptera yang memiliki sekitar 40 ribu spesies.

Sebagian besar kumbang weevil memiliki antena panjang yang dapat dilipat menjadi sebuah lekukan pada moncongnya. Kebanyakan kumbang ini juga tidak memiliki sayap, dan berukuran kurang dari 6 milimeter. Namun, pernah ditemukan kumbang weevil dengan ukuran lebih dari 80 milimeter. Mayoritas kumbang ini pun berwarna cokelat dan abu-abu.

Kesimpulan

Berdasarkan pemeriksaan tadi, narasi yang menyertai foto di atas, bahwa makhluk kecil tersebut merupakan wujud asli virus Corona Covid-19 setelah diperbesar 2.600 kali, adalah menyesatkan. Makhluk kecil dalam foto tersebut adalah weevil, kumbang yang berasal dari keluarga Curculionoidea.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Science 1410548141658766764

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item