75% Orang yang Terinfeksi Corona, Menularkan Virus ke Lingkungan Sekitar

75% Orang yang Terinfeksi Corona, Menularkan Virus ke Lingkungan Sekitar, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan, demi mencegah tertular virus corona. Beberapa anjuran yang selalu diingatkan seperti mencuci tangan dengan sabun dan di bawah air mengalir, tetap di rumah, hingga selalu menggunakan masker jika di luar rumah.

Juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, mengungkapkan, virus bisa menempel di barang-barang, lalu mencemari tangan yang menyentuhnya. 

"Cuci tangan penting, karena ini jadi kunci untuk membunuh, merusak, mematikan virus yang mencemari tangan. Ini cara yang paling banyak terjadi penularan dari hantaran tidak langsung, mungkin bisa pakai masker," kata Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur. 

Yuri menyebut beberapa pengamat meneliti, seseorang memiliki peluang hingga 75 persen tertular virus corona jika menyentuh droplets lalu tidak dibersihkan atau cuci tangan.

"Seseorang yang di dalam tubuhnya ada virus, maka orang di sekitarnya punya peluang tertular sampai 75 persen. Droplets-nya mengenai semua benda," ucap Yuri. 

"Kalau pakai masker, bisa ditekan penularan sampai 5 persen, makanya cuci tangan," imbuhnya. 

Selain itu, ia menekankan jika masyarakat tidak mematuhi aturan jaga jarak (physical distancing) dan memakai masker, maka kita berpotensi tidak bisa mengendalikan risiko penularan virus tersebut. 

Ia juga meminta masyarakat tidak mudik dan bepergian ke luar rumah, jika tidak ada keperluan penting.

"Droplets bisa dihindari dengan jaga jarak aman 1-2 meter. Tapi bukan ini untuk melindungi. Kalau physical distancing tidak diikuti cuci tangan, pakai masker, pasti di luar rumah kita enggak bisa mengendalikan apa pun," tutupnya. 

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 4006252517199201228

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item