Asal Usul Suku Aztek dan Pengaruh Mereka Pada Bangsa Meksiko

Asal Usul Suku Aztek dan Pengaruh Mereka Pada Bangsa Meksiko, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kaum Aztek atau Aztec adalah orang Amerika Tengah dari sentral Meksiko, yang kaya dengan warisan mitologi dan kebudayaan. Dalam bahasa Nahuatl, bahasa suku Aztek, makna “Aztek” berarti “seseorang yang berasal dari Aztlán”. Kaum Aztek juga menyebut diri mereka sebagai Mehika atau Meshika atau Mexica, asal nama “Meksiko”.

Penggunaan nama Aztek sebagai istilah merujuk kepada mereka yang mempunyai ekonomi, adat, agama, dan bahasa Mexica, diawali oleh Alexander von Humboldt. Legenda Aztek merupakan satu dari beberapa kebudayaan, yang disebut secara umum sebagai “nahuas”, mengikuti bahasa mereka.

Ketika kaum Aztek sampai ke lembah Anahuac, mereka dianggap oleh nahuas lain sebagai yang paling tidak berperadaban. Jadi mereka memutuskan untuk belajar, dan mengambil pengetahuan dari kaum-kaum lain. Mereka banyak belajar dari Toltec tua (yang sering dikelirukan dengan kebudayaan Teotihuacan yang lebih tua).

Kaum Aztek menggabungkan beberapa tradisi yang dicampur dengan tradisi mereka sendiri. Karena itu mereka mempunyai beberapa mitos penciptaan, satu darinya menggambarkan empat era sebelum dunia sekarang, kesemuanya berakhir dengan malapetaka.

Era kelima akan kekal, disebabkan pengorbanan hero kepada matahari. Dongeng ini dikaitkan dengan kota tua Teotihuacan, yang telah musnah ketika kaum Aztek tiba. Mitos yang lain menggambarkan dunia sebagai ciptaan.

Dewa kembar mereka adalah Tezcatlipoca dan Quetzalcoatl. Tezcatlipoca kehilangan kakinya dalam proses penciptaan dunia, dan semua gambaran dewa ini menggambarkan Tezcatlipoca tanpa kaki dan menampakkan tulang. Quetzalcoatl juga dikenali sebagai Tezcatlipoca Putih.

Menurut legenda, mereka mengembara ke Lago de Texcoco di Meksiko Tengah dari suatu tempat di utara, yang dikenali sebagai Aztlán. Mereka dipandu oleh dewa mereka, Huitzilopochtli.

Ketika mereka tiba di sebuah pulau di tengah danau, mereka melihat burung elang memakan seekor ular ketika bertengger di atas kaktus nopal, gambaran yang sesuai dengan ramalan yang menyuruh mereka membuat pemukiman baru di situ.

Kaum Aztek membuat kota mereka yang dikenal sebagai Tenochtitlan. Tempat tersebut, pada masa sekarang, merupakan pusat kota Meksiko. Burung elang legendaris itu pun terdapat dalam bendera Meksiko.

Related

Science 603984896383445949

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item