Ini Bahan-bahan Makanan yang Perlu Disiapkan, agar Tidak Perlu Sering Keluar Rumah

Ini Bahan-bahan Makanan yang Perlu Disiapkan, agar Tidak Perlu Sering Keluar Rumah, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pada masa karantina guna melawan pandemi virus Corona seperti saat ini, ada baiknya jangan sampai lupa untuk menyiapkan beberapa bahan makanan yang penting agar Anda tidak perlu sering keluar rumah.

Masa social distancing memang akan sangat dianjurkan untuk Anda agar tetap beraktivitas di rumah. Selain mencegah virus yang dapat menular kepada Anda ataupun orang lain, social distancing juga sangat dianjurkan karena dengan menjalankan hal tersebut, kita telah membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Corona.

Untuk menjaga tubuh agar senantiasa fit dan bugar selama masa karantina di rumah, ada baiknya Anda menyiapkan bahan-bahan makanan yang Anda perlukan selama masa karantina di rumah.

Imbauan work from home atau bekerja di rumah dan menjalani karantina di rumah memang sangat dianjurkan selama masa pandemi virus Corona. Namun, hal ini sempat memicu orang untuk terjebak dalam panic buying atau membeli berbagai kebutuhan selama masa karantina, termasuk bahan makanan.

Sebenarnya, tidak perlu panik untuk menyiapkan kebutuhan selama masa karantina di rumah. Pada dasarnya, Anda hanya perlu fokus pada beberapa kebutuhan yang penting saja. Untuk mengetahui secara lebih rinci, berikut 7 bahan makanan yang wajib Anda sediakan di rumah selama masa karantina, yang dilansir dari berbagai sumber.

Beras menjadi bahan pokok yang perlu Anda sediakan dan menjadi bahan makanan yang wajib Anda sediakan di rumah. Sejauh ini, beras menjadi bahan pokok utama mayoritas orang Indonesia. Namun, sebelum membeli hendaknya hitung terlebih dahulu perkiraan kebutuhan minimal untuk makan selama kurang lebih dua pekan.

Misalnya, selama ini Anda menghabiskan 10 kilogram beras untuk satu bulan. Supaya tidak perlu bolak-balik dan mengharuskan keluar rumah, Anda cukup menaikkan stok beras kurang lebih 15 kilogram saja untuk kebutuhan sekitar 1,5 bulan.

Tidak perlu menyetok beras terlalu banyak karena akan ada risiko beras jadi berjamur bila disimpan terlalu lama. Anda juga bisa menyetok makanan pokok lain yang biasa Anda konsumsi seperti oatmeal, pasta, ataupun roti-rotian.

Minyak goreng menjadi bahan makanan wajib Anda sediakan di rumah selama masa karantina mandiri. Terlebih jika Anda penggemar makanan yang serba digoreng. Kira-kira berapa jumlah yang perlu Anda sediakan?

Untuk kebutuhan selama dua minggu, cukup beli dua liter minyak goreng sudah cukup untuk memadai. Bila Anda biasa memakai minyak jenis lain untuk jenis masakan tertentu seperti minyak zaitun ataupun minyak kelapa, perlu juga disiapkan dalam jumlah secukupnya.

Telur merupakan sumber protein yang murah meriah dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan. Telur menjadi bahan makanan wajib Anda sediakan di rumah selama masa karantina mandiri. Supaya kebutuhan protein hewani Anda tetap terpenuhi selama masa karantina, telur wajib Anda beli minimal sebanyak 1 kilogram.

Dengan jumlah sebesar itu Anda bisa memperoleh sebanyak 15 butir telur. Apabila anggota keluarga Anda banyak, tambah jumlah telur sesuai dengan kebutuhan. Telur bisa bertahan hingga satu bulan bila disimpan di suhu ruang.

Bahan yang wajib Anda sedikan di rumah selama masa karantina mandiri di rumah adalah berbagai macam bumbu pelengkap termasuk gula, garam ataupun bumbu-bumbu yang lainnya. Jenis bahan makanan ini wajib Anda sediakan di dapur karena untuk memenuhi kebutuhan memasak ataupun membuat minuman. Siapkan saja masing-masing satu kilogram.

Adapun bumbu pelengkap adalah bumbu dapur yang banyak dibutuhkan seperti kecap, saos tomat, penyedap rasa, lada, dan lain sebagainya. Bila ingin praktis, Anda juga bisa menimbang menyiapkan bumbu instan untuk menghemat waktu memasak. Akan tetapi, jangan terlalu sering memakainya karena bisa membahayakan kesehatan.

Walau tidak terlalu disarankan oleh ahli kesehatan, dalam situasi seperti saat ini menyetok bahan makanan beku bisa membantu Anda mengurangi mobilitas keluar rumah.

Siapkan frozen food yang mendasar saja untuk kebutuhan makanan selama masa karantina, seperti bakso, sosis, nugget, daging ikan beku seperti fillet ikan dori, salmon dan lain-lain. Pastikan dulu Anda memiliki freezer yang memadai untuk menyiapkan makanan beku supaya lebih tahan lama.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Tips 8075527791937444640

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item