Begini Kehidupan di Indonesia, Setelah Terpaksa ‘Berdamai dengan Corona’

 Begini Kehidupan di Indonesia, Setelah Terpaksa ‘Berdamai dengan Corona’, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasa, namun dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu disebutnya sebagai kondisi new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi virus corona.

"Kebutuhan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah ini. Itu keniscayaan, itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai new normal atau tatanan kehidupan baru," kata Jokowi dalam pernyataannya di Istana Merdeka, Jakarta.

Mantan wali kota Solo itu menyatakan, masyarakat di Indonesia harus menyesuaikan dan hidup berdampingan dengan Covid-19, ketika mulai beraktivitas kembali. Apalagi, dikatakan Jokowi, organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan terdapat potensi virus ini tidak akan segera menghilang, dan tetap ada di tengah masyarakat.

"Artinya, kita harus berdampingan hidup dengan Covid. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, berdamai dengan Covid. Sekali lagi, yang penting masyarakat produktif, aman, dan nyaman," ujarnya.

Jokowi menegaskan, hidup berdampingan dengan Covid-19 bukan berarti menyerah dan pesimistis. Menurutnya, cara ini menjadi titik tolak menuju tatanan kehidupan baru masyarakat.

"Berdampingan itu justru kita tidak menyerah, tapi menyesuaikan diri. Kita lawan keberadaan virus Covid tersebut dengan mengedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan yang ketat yang harus kita laksanakan," katanya.

Protokol kesehatan ketat yang harus dipatuhi antara lain menjaga jarak aman, mengenakan masker, dan sering mencuci tangan dengan sabun.

Jokowi kemudian mencontohkan kondisi new normal di tengah masyarakat. Salah satunya restoran, yang cukup diisi separuh dari kapasitas maksimal tempat tersebut.

"Iya, tentu saja nanti kalau sudah diputuskan, sektor-sektor usaha yang tutup dapat berangsur-angsur dibuka kembali. Tentu dengan cara-cara yang aman dari Covid agar tidak menimbulkan risiko meledaknya wabah," kata Jokowi.

"Saya ambil contoh, misalnya rumah makan. Isinya hanya 50 persen, jarak antar kursi dan meja diperlonggar."

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 3398900655641942641

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item